Massa Partai Pekerja Kurdi (PKK)

Baghdad, LiputanIslam.com –  Irak dan Turki dilaporkan telah sepakat untuk melancarkan operasi militer gabungan di masa mendatang dengan target milisi Kurdi anti-Turki di wilayah perbatasan kedua negara.

Dalam pertemuan dengan Menteri Kehakiman Irak Haider al-Zamili di Baghdad, ibu kota Irak, Dubes Turki untuk Irak, Fateh Yildiz, mengatakan bahwa bekerjasama dengan pemerintah Baghdad Ankara mulai melancarkan operasi militer di perbatasannya dengan Irak “untuk membersihkan perbatasan dari kantung teroris “.

Dalam pernyataan yang dikutip oleh Kementerian Kehakiman Irak, Selasa (20/3/2018), itu Yildiz menambahkan, “Turki siap bekerja sama dengan pemerintah Irak di bidang kontra-terorisme dan memperjuangkan kedaulatan kedua negara.”

Di pihak lain, Menteri Kehakiman Irak mengatakan “Irak telah menunjukkan niat baik dalam tuntutan Turki terkait keamanan di perbatasan bersama… Situasi politik dan keamanan memerlukan kesepakatan baru”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara, Senin (19/3/2018), menyatakan  negaranya sewaktu-waktu akan memulai operasi di wilayah Sinjar, Irak utara, terhadap Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dianggap Ankara sebagai kelompok teroris. (mm/iraqinews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*