irak ali almushidiBaghdad, LiputanIslam.com – Anggota parlemen Irak dari fraksi Aliansi Nasional Iran (INA), Ali al-Murshidi, menilai masyarakat dunia, tak terkecuali Amerika Serikat (AS), akhirnya menerima logika Iran dalam perang melawan terorisme.

“Tak seperti apa yang diinginkan AS, krisis Suriah mengarah pada penyelesaian diplomatik sebagaimana yang dicanangkan Iran. Berkat pendiriannya yang solid dan sikap politiknya yang bijaksana, Iran kini menjadi salah satu poros utama di dunia. Iran menjadi elemen penting dalam proses pengambilan keputusan dunia juga berkat ketangguhannya di bidang persenjataan dan kebijaksanaannya dalam pengelolaan krisis,” terangnya dalam wawancara dengan IRNA, Minggu (15/11).

Menurutnya, di Timteng tidak ada keputusan yang diambil tanpa mempertimbangkan pandangan Teheran.

“AS terpaksa menyerah kepada kebijakan Iran terkait Suriah dan Irak serta mengakui bahwa kelompok teroris ISIS harus ditangani melalui jalur militer dan tak ada tawar menawar dengan kelompok-kelompok bersenjata pelanggar hukum,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa resistensi Iran selama ini terhadap AS dan negara-negara Barat telah membuat Washington terpaksa menerima partisipasi Iran dalam perundingan mengenai Suriah di Wina, Austria, padahal perundingan tentang Suriah selama ini selalu diadakan AS dengan hanya melibatkan negara-negara sekutu dan bonekanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL