Ankara, LiputanIslam.com –  Turki mengirim bantuan militer tambahan kepada pasukannya yang berkonsentrasi di wilayah perbatasan Suriah sebagai persiapan operasi militer yang mungkin akan dilancarkan terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di kota Afrin di bagian barat provinsi Aleppo.

Bersamaan dengan ini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam akan “mengubur” pasukan Kurdi baru yang diumumkan pembentukannya oleh Amerika Serikat di Suriah utara.

Sebuah konvoi militer yang terdiri atas 20 peralatan telah tiba di sebuah daerah di provinsi Madrin di bagian selatan Turki dalam perjalanan menuju wilayah Sanliurfa di dekat perbatasan Suriah.

Bantuan militer itu terdiri atas tank dan artileri dan telahdikirim kepada pasukan perbatasan di tengah sistem pengamanan ekstra ketat. Sehari sebelumnya Turki juga telah mengirim bantuan militer yang terdiri atas kendaraan militer dan personil kepada pasukannya yang disebar di kawasan Gaziantep di perbatasan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya menegaskan bahwa operasi militer Turki untuk menumpas YPG yang dianggap oleh Turki sebagai organisasi teroris dan perpanjangan tangan Partai Pekerja Kurdi Turki (PKK) bisa dimulai sewaktu-waktu untuk “pembersihan” perbatasan dari milisi Kurdi.

Sabtu dan Ahad lalu pasukan Turki telah menyerang beberapa posisi milisi Kurdi di sekitar kota Afrin, sementara para komandan milisi Kurdi menegaskan pihaknya akan mencegah segala bentuk intervensi militer Turki. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL