amr-moussaKairo, LiputanIslam.com –   Mantan Sekjen Liga Arab Amr Moussa menuding Iran, Turki dan Israel berusaha menancapkan dominasi masing-masing di kawasan Timur Tengah.

Amr Moussa yang juga mantan menteri luar negeri Mesir itu dalam pidatonya pada seminar bertajuk “Menjadi Arab Atau Tidak” menyinggung dukungan Iran kepada para sekutunya di Timur Tengah, termasuk Suriah, kemudian mengatakan bahwa Iran tidak mungkin dapat memimpin Timur Tengah dan dunia Arab.

“Mustahil Iran dapat menguasai dunia Arab,” katanya, sebagaimana diberitakan situs berita Elaph, Selasa (11/8).

Dia menegaskan perlunya memainkan peranan kolektif antarnegara untuk mewujudkan keamanan Timur Tengah.

Dia juga mengingatkan adanya upaya-upaya kotor untuk menimbulkan petaka di kawasan ini dengan cara menyulut isu panas perselisihan Sunni – Syiah.

“Sunni dan Syiah tidak bermusuhan, tapi ada pihak-pihak yang mencoba menyulut permusuhan antara keduanya, dan pada gilirannya mereka berusaha mencegah tegaknya keamanan regional,” tuturnya.

Dia juga mengatakan,”Yang benar ialah adanya keharusan tergalangnya kerjasama di kawasan. Dana yang ada harus digunakan untuk kebaikan kawasan ini beserta bangsa-bangsa yang ada di dalamnya daripada dihamburkan untuk melicinkan kebijakan negatif dan membangkitkan konfrontasi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL