irak ammar hakim militerBaghdad, LiputanIslam.com – Ketua Dewan Tinggi Islam Irak Ammar al-Hakim memastikan bahwa pasukan Irak tak lama lagi akan memasuki Mosul, ibu kota provinsi Nineveh di Irak utara, yang diduduki kelompok teroris ISIS sejak 2014.
“Irak sedang dalam proses pembebasan semua wilayahnya dari pendudukan kelompok teroris

ISIS. Hanya Mosul yang belum terbebaskan, tapi pasukan Irak akan segera memasukinya,” ungkap ulama muda berserban hitam itu dalam pertemuan dengan Duta Besar Turki untuk Irak, Farouk Qaimagja, di Baghdad, Kamis (28/7/2016), seperti dilansir media Irak al-Sumaria News.

Dia menambahkan, “ISIS sudah kehilangan keseimbangan militernya dalam berhadapan pasukan keamanan dan relawan Irak (al-Hasdh al-Shaabi), dan perang melawan kelompok teroris ini sekarang hanya sebatas perang keamanan dan intelijen.”
Dilaporkan bahwa dalam pertemuan itu al-Hakim dan Qaimagja telah membicarakan perkembangan situasi terkini, terutama terkait hubungan Irak-Turki.

Al-Hakim kembali menegaskan bahwa pasukan Turki harus keluar wilayah utara Irak.

“Turki harus mempertimbangkan kepentingan kolektif kedua negara dan mencermati fakta-fakta sejarah,” katanya.

Pada Desember 2015 dikabarkan bahwa sekira 150 – 200 tentara Turki memasuki wilayah utara Irak dan bertempat di pangkalan militer Baashiqah tanpa persetujuan dari pemerintah pusat Irak. Turki masuk dengan alasan untuk melatih milisi yang terhubung dengan mantan gubernur Nineveh, Athil al-Nujaifi, dan kemudian juga berdalih akan berpartisipasi dalam pembebasan kota Mosul dari tangan ISIS.

Pemerintah pusat Irak sudah berulangkali mengadukan masalah ini kepada Dewan Keamanan PBB dan Liga Arab serta merilis permintaan-permintaan resmi kepada lembaga-lembaga internasional dan regional untuk penarikan pasukan Turki dari Irak utara, namun Turki tetap tak mengindahkan upaya Irak tersebut.

Belakangan, pemerintah Turki menyatakan akan memperbaiki hubungannya dengan negara-negara jirannya, termasuk Irak dan Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL