irak ammar al-hakimBaghdad, LiputanIslam.com – Ketua Dewan Tinggi Islam Irak Ammar al-Hakim memastikan bahwa dalam beberapa hari mendatang Tikrit akan bebas dan bersih sepenuhnya dari keberadaan para teroris ISIS. Bersamaan dengan ini beberapa kawasan di selatan Tikrit berhasil dibebaskan pasukan dan relawan Irak, namun sekitar 100 warga suku Sunni setempat diculik oleh ISIS karena dianggap akan turut memerangi ISIS.

Keterbebasan Tikrit dari tangan ISIS dalam beberapa hari mendatang dikemukakan al-Hakim dalam konferensi pers bersama ketua parlemen Irak, Salim al-Jabouri, di Baghdad Rabu malam (25/2/2015), sebagaimana dilaporkan IRNA.

Dia juga mengaku telah mengadakan pembicaraan dengan al-Jabouri mengenai kemenangan demi kemenangan yang dicapai pasukan dan relawan Irak (al-Hasyd al-Sakbi) dalam memerangi ISIS di berbagai wilayah Irak.

Laporan lain dari al-Sumaria News menyebutkan bahwa pasukan keamanan Irak yang didukung relawan berhasil membebaskan tiga kawasan Tarabilah, Zilayah dan Makishifah serta dua desa Uwainat dan Aujah di selatan Tikrit dari tangan ISIS dalam sebuah operasi yang menewaskan beberapa anggota ISIS dan melukai 12 relawan.

Sumber keamanan yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa pasukan dan relawan juga berhasil menguasai sepenuhnya gerbang selatan kota Tikrit.

Pasukan Irak yang didukung relawan dalam beberapa pekan terakhir telah melakukan persiapan untuk melancarkan operasi besar di provinsi Salahuddin menjelang operasi pembebasan kota Mosul.

Sementara itu, Reuters menyebutkan bahwa para tokoh adat Sunni di dekat kota Tikrit menyatakan ISIS telah mencokok sekitar 100 warga suku Sunni. Para tokoh itu menjelaskan bahwa Selasa lalu ISIS menawan 42 warga Sunni desa Rubaidah karena dicurigai melakukan persiapan untuk ikut mengangkat senjata melawan teroris, sementara pekan lalu mereka juga sudah menculik 56 warga Sunni dengan dakwaan menjalin hubungan dengan milisi Sunni pendukung pemerintah Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL