zona konflik yamanKairo, LiputanIslam.com – Mesir dan Arab Saudi dilaporkan melakukan gerakan intensif belakangan ini untuk membentuk sebuah front Arab guna menumpas gerakan Ansarullah alias kelompok Syiah al-Houthi di Yaman.

Koran Mesir Almesryoon Rabu (12/11) menyebutkan bahwa gerak maju komite-komite rakyat yang terafiliasi dengan gerakan Ansarullah di berbagai kawasan Yaman yang dikuasai oleh para teroris al-Qaeda menimbulkan keresahan para pejabat Mesir terhadap semakin dekatnya jarak mereka dari Selat Bal al-Mandab.

Keberhasilan milisi Ansarullah menguasai provinsi Ibb, Dhamar, al-Hadidah dan al-Baida membuat pemerintah Mesir cemas terhadap kemungkinan akan terjadinya ancaman keamanan bagi kapal-kapal yang akan melintas di Terusan Suez.

Kerisauan ini mendorong Kairo untuk mempelajari kemungkinan pembentukan sebuah koalisi Arab untuk membendung gerak maju Ansrallah di berbagai provinsi Yaman serta mencegah dominasi mereka atas Selat Bab al-Mandab. Koalisi itu melibat Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait. Negara-negara ini memandang milisi Ansarullah telah melanggar banyak “rambu”.

Menurut Almesryoon, pemerintah Mesir telah melakukan gerakan-gerakan terselubung yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil al-Arabi.

Salah satu cara negara-negara ini dalam menghadapi Ansarullah ialah mengaktifkan kembali perjanjian pertahanan kolektif negara-negara Arab pada dekade 1940-an. Perjanjian itu baru sekali diterapkan, yaitu dalam peristiwa invasi Irak ke Kuwait pada tahun 1990.

Beberapa sumber juga mengabarkan adanya koordinasi antara Kairo dan Mesir untuk melancarkan operasi terbatas dalam bentuk serangan udara intensif terhadap posisi-posisi Ansarullah.

Kerisauan Mesir itu terjadi sementara pemerintah Yaman sendiri sudah sepakat dengan milisi Ansarullah untuk membebaskan berbagai kawasan negara ini dari keberadaan milisi al-Qaeda. Dalam rangka ini pasukan pemerintah bahkan berperang bersama komite-komiter rakyat gerakan Ansarullah melawan kawanan teroris al-Qaeda. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL