Islamabad, LiputanIslam.com –  Sekumpulan alim ulama dan cendikiawan Muslim Sunni dan Syiah Pakistan menyatakan kesiapannya membantu menyelesaikan perselisihan antara Iran dan Arab Saudi. Dalam rangka ini mereka berharap dapat mengirim delegasi ulama dan cendikiawan terkemuka Pakistan ke Iran dan Saudi demi meredakan ketegangan Teheran – Riyadh.

Hal ini terungkap dalam seminar bertema “Persatuan Antarmazhab Islam Dan Pembudayaan Kesabaran” yang diselenggarakan oleh Dewan Ulama Dan Cendikiawan Nasional Pakistan yang bernaung di bawah Kementerian Agama Pakistan, Senin (3/7/2017).

Dalam seminar yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Pakistan ini para peserta menekankan keharusan memberantas terorisme dan menggalang persatuan umat Islam demi melawan konspirasi musuh bersama Dunia Islam.

Mereka merilis deklarasi yang merekomendasikan pengiriman delegasi ulama dan cendikiawan Muslim Pakistan ke Iran dan Saudi dengan tujuan membantu mengatasi perselisihan antara kedua negara.

Resolusi ini juga menyebutkan bahwa sebuah delegasi pimpinan Menteri Agama Pakistan akan segera dikirim ke kota Parachinar, Pakistan,  yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah.

Penjabat Menteri Agama Pakistan Pir Muhammad Aminul Hasnat Shah dalam pidatonya pada seminar ini mengingatkan bahwa teroris tak mengenal agama apapun. Dia meminta kepada para tokoh agama dan cenderikiawan supaya berjuang menyebar luaskan prinsip toleransi dan saling pengertian antarmazhab demi terwujudnya persatuan.

Menyinggung tragedi teror yang menewaskan lebih dari 100 orang di Parachinar, dia mengatakan bahwa ada orang-orang tertentu yang bermaksud menghentikan pembangunan di Pakistan dengan cara menebar aksi teror. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL