Aleppo, LiputanIslam.com –   Kecamuk perang di kota Aleppo, Suriah utara, sudah reda sejak beberapa waktu lalu seiring dengan keberhasilan pasukan pemerintah merebut kembali kota kedua terbesar di  Suriah ini pada 22 Desember 2016. Karena itu, sekira 4000 siswa di berbagai distrik di Aleppo timur dilaporkan dapat kembali bersekolah.

“Sebanyak 3825 siswa sekolah dasar di berbagai distrik yang telah dibebaskan di Aleppo timur telah kembali bersekolah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Aleppo, Ibrahim Maso, Senin (9/1/2017).

Dia menjelaskan, “Dalam rangka upaya pemerintah untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar dan mengembalikan para siswa ke sekolah di berbagai distrik timur, sejauh ini sebanyak 17 sekolah telah direkonstruksi dan siap menyambut kedatangan para siswa. Sekarang sudah ada 3,825 siswa sekolah dasar yang sudah beraktivitas belajar di sekolah-sekolah ini, dan ada enam sekolah lain yang masih dalam proses rekonstruksi.”

Dewan menteri Suriah dalam rapat di Aleppo 7 Januari lalu mensahkan proyek darurat rekonstruksi 50 sekolah di berbagai distrik Aleppo timur dalam jangka waktu enam bulan.

Proyek ini juga mencanangkan peningkatan jumlah sekolah yang direkonstruk menjadi 100 sekolah di wilayah tersebut pada awal tahun ajaran mendatang. (mm/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL