بالفيديو والصور.. أخبار تحرير حلب لحظة بلحظة..Aleppo, LiputanIslam.com –   Aleppo, kota terbesar kedua dan “ibu kota” perekonomian Suriah, akhirnya bebas total dari pendudukan kawanan bersenjata pemberontak dan teroris, Senin malam atau Selasa dini hari (12-13/12/2016).

Alalam memberitakan bahwa penduduk Aleppo turun ke jalan-jalan bersuka ria dan sebagian orang melepaskan tembakan ke udara mendengar kabar keberhasilan pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya membebaskan seluruh wilayah kota ini.

“Tentara Suriah dan sekutunya telah menyerbu kubu-kubu dan kantung-kantung terakhir teroris di bagian selatan Aleppo timur, dan mereka sudah nyaris menguasai penuh Aleppo timur di tengah porak porandanya barisan kawanan bersenjata,”  ungkap reporter al-Alam.

Alalam juga mengutip laporan Reuters bahwa tentara Suriah sudah berada di saat-saat terakhir menjelang deklarasi kemenengan perang pembebasan Aleppo.

TV pemerintah Suriah menayangkan penggalan-penggalan video suka ria penduduk Aleppo atas kemenangan Pasukan Arab Suriah, SAA, dan sekutunya.

“Kemenangan tinggal beberapa saat lagi, tentara masih menyisir kawasan Bustan al-Qasr, al-Kalasah, al-Zabadiyah, al-Amiril dan Tel al-Zararir untuk memastikan ketiadaan kawanan bersenjata oposisi di sana,” ujar sumber militer kepada AFP.

Sebelumnya, lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan  bahwa kelompok-kelompok bersenjata sudah “ambruk total,” dan mundur dari enam lingkungan yang semula mereka kuasai di Aleppo timur, Senin (12/12/2016).

“Para petempur kelompok-kelompok itu Senin sore mundur sepenuhnya dari Bustan al-Qasr, al-Kalasah, Karam al-Daadaa, al-Firdaun, al-Jalum dan Jisr al-Hajj…Mereka ambruk total… Perang Aleppo sudah mendekati ujungnya,” ungkap Direktur Ekskutif SOHR, Rami Abdulrahman.

Disebutkan bahwa wilayah Aleppo timur yang masih dikuasai kawanan bersenjata kini tak sampai 10 persen, sementara lebih dari 10,000 penduduk mengungsi pada 24 jam terakhir.

“Kawasan yang masih dikuasai oposisi dewasa ini sedikit sekali, dan bisa jatuh (ke tangan pasukan Suriah) sewaktu-waktu… Boleh dikata bahwa Perang Aleppo sudah memasuki tahap terakhir, setelah pasukan pemerintah menguasai lebih dari 90 luas wilayah (Aleppo) timur,” lanjutnya.

Sumber militer Suriah mengatakan tentara pemerintah dan sekutunya telah memulihkan keamanan dan stabilitas di sejumlah daerah permukiman di bagian selatan Aleppo timur, termasuk lingkungan Sheikh Saed, al-Salihin dan Karam al-Daadaa.

Menurut Abdulrahman, kawanan bersenjata kini bertahan hanya di dua lingkungam yaitu al-Mashhad dan al-Sukri, sedangkan area di beberapa lingkungan yang tersisa sudah terbagi antara pasukan pemerintah dan kawanan bersenjata.

Seorang perwira militer Suriah mengatakan bahwa 98 persen kota Aleppo sudah dikuasai oleh pasukan pemerintah sehingga operasi pembebasan kota ini sudah hampir selesai.

Kepala komite keamanan Aleppo di kawasan Sheikh Saed mengatakan kepada wartawan, “Perang di Aleppo timur harus segera tuntas, teroris tak punya banyak peluang lagi; menyerah atau mati.”

Para pengamat senior dari Carnegie Middle East Center menyatakan keberhasilan menguasai Aleppo “ akan menjadi kemenangan besar bagi pemerintah, menghancurkan tulang punggung oposisi bersenjata, dan mengatasi pikiran bahwa pemerintah dapat digulingkan secara militer.” (mm/alalam/raialyoum/sana/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL