Turkey-Syria-ConflictAleppo, LiputanIslam.com – Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan dilaporkan telah mengirim ratusan personil militernya ke Suriah dengan dalih menjaga makam Suleyman Shah, cucu pendiri Imperium Ottoman.

Harian Today Zaman yang berbasis di Turki menyebutkan bahwa konvoi pasukan Turki itu didukung enam unit tank, 12 mobil lapis baja, dan satu truk pengangkut bahan makanan. Makam itu sendiri terletak di utara kota Aleppo.

Turki mengklaim makam Suleyman Shah sebagai wilayah kedaulatannya sesuai perjanjiannya dengan Perancis tahun 1921, yaitu ketika Suriah masih dikuasai Perancis.

Menuut Today Zaman,  pengiriman pasukan Turki itu terkait dengan upaya milisi Daulat Islam Irak dan Surial (ISIL) untuk menguasai kawasan sekitar makam Suleyman Shah. Konvoi pasukan Turki dikerahkan di lokasi yang hanya berjarak ratusan meter dari basis ISIL, dan ISIL disebut-sebut telah mengirim pasukan bantuan ke lokasi. ISIL sendiri dalam siaran persnya menyatakan pasukannya berada di lokasi yang sekitar 1 km dari makam.

Koran al-Akhbar terbitan Lebanon melaporkan bahwa konvoi pasukan itu masuk ke wilayah Suriah melalui pintu perbatasan Sorouj di kota Ayn al-Arab, Rabu (23/4/2014). Dari situ konvoi bergerak menuju makam Suleyman Shah yang terletak di desa Karakozak yang berjarak sekitar 25 km dari perbatasan Turki dan berada di utara kota Aleppo.

Turki sebelumnya menyatakan angkatan bersenjatanya terus mewaspadai situasi di sepanjang perbatasan Suriah dan siap menghadapi segala kemungkinan buruk sejak awal perang Suriah.

Dalam rekaman sebuah rekaman suara yang bocor bulan lalu terdengar suara diskusi yang diklaim dilakukan oleh para pejabat senior Turki mengenai kemungkinan intervensi militer di Suriah dengan alasan demi menjaga makam Suleyman Shah yang terletak di kawasan yang dikuasai militan Islamis. Disebutkan bahwa para pejabat Turki yang terlibat dalam pembicaraan itu ialah Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, Ketua Badan Intelijen Turki (MET) Hakan Fidan, dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Yasar Guler. (mm/todayzaman/alakhbar/fni)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL