Izz Ad-Dine Al-Qassam Brigades in Gaza StripGazaCity, LiputanIslam.com – Anggota Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, Mahmoud al-Zahar menyatakan bahwa gerakan Fatah dan para agen intelijen Israel yang kabur dari Jalu Gaza telah memberikan keterangan palsu mengenai sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedin al-Qassam sehingga keluar keputusan pengadilan Mesir yang sangat merugikan brigade ini.

“Keputusan pengadilan Kairo memalukan dan menciderai citra prajurit Arab yang paling mulia,” ungkap al-Zahar kepala TV al-Jazeera, sebagaimana diberitakan situs al-Resalah, Sabtu malam (31/1/2015).

Pengadilan Kairo Urusan Darurat sebelumnya telah mengeluarkan keputusan mencatat nama Brigade Ezzedin al-Qassam dalam daftar teroris. Keputusan ini dinilai al-Zahar sebagai tindakan politis.

“Kami berhadapan dengan putusan yang tidak ada kaitannya dengan masalah hukum,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Tentara-tentara Arab terbiasa merunduk kepada kehinaan, sedangkan Hamas senantiasa membela martabat dan kehormatan negara-negara Arab.”

Dia juga menyatakan pihaknya tidak menutup pintu dialog dengan Mesir, dan Hamas masih melanjutkan kerjasama dengan badan intelijen Mesir. Karena itu dia berharap pengadilan Kairo bersedia meninjau ulang keputusannya.

Kelompok Jihad Palestina juga mengecam keputusan pengadilan Kairo tersebut dan menilainya sebagai tindakan melayani kepentingan Israel.

Sebagaimana dilaporkan Palestinian Information Center, Jihad Islam Sabtu (31/1/2015) merilis statemen menegaskan, “Menuduh al-Qassam atau kelompok-kelompok Palestina lainnya mencampuri urusan dalam negeri Mesir adalah upaya mengacaukan situasi. Tindakan demikian mengarah kepada kepentingan musuh, Zionis, yang diperangi oleh kelompok-kelompok muqawamah (perlawanan anti Zionis).”

Jihad Palestina juga memastikan bahwa keputusan pengadilan Kairo itu sama sekali tidak mewakili sikap dan pendirian rakyat Mesir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL