media arabMuskat, LiputanIslam.com – Harian al-Watan yang terbit di Muskat dalam edisinya Senin (27/4) membongkar standar ganda media Arab terkait perang Suriah.

Koran yang juga berbahasa Arab ini menyebutkan, “Salah satu karakteristk media pembohong yang banyak di antaranya berbahasa Arab ialah banyak menggunakan unsur fiksi untuk mengubah suatu keadaan. Media sedemikian ini di dunia dan bahkan di negara-negara Arab menyebut kelompok-kelompok semisal Fajr Libya, ISIS, al-Nusra, kelompok Beit al-Maqdis dan Taliban dengan karakter utamanya, yaitu teroris. Tapi untuk kelompok-kelompok yang berperang melawan pemerintah, tentara dan rakyat Suriah mereka sebut kelompok-kelompok revolusioner.”

Menurut al-Watan, standar ganda ini menunjukkan bahwa apa yang terjadi di Suriah adalah sebuah konspirasi yang tak ada kaitannya dengan slogan dan klaim-klaim apa yang disebut revolusi.

“Klaim demikian bertolak dari satu realitas. Ketika 12,000 teroris bersenjata di front Idlib (Suriah) menang, media-media itu bersorak sorai. Namun ketika tentara Suriah berhasil memberikan pukulan telak terhadap para teroris, media-media itu segera mengibarkan bendera setengah tiang, para teroris yang terbunuh mereka sebut sebagai warga sipil sembari menunjukkan air mata buaya, dan kelompok teroris transnasional ISIS yang kemarin mereka sebut revolusioner di mata mereka mendadak berubah menjadi warga sipil yang tak berdosa,” tulis al-Watan.

Koran Oman ini menilai perilaku media itu sebagai modus mereka untuk mendorong negara-negara pendukung teroris supaya terus mendukung para teroris, dan dalam kebohongan publik mereka tak peduli bahwa dukungan propaganda untuk para teroris yang selama ini mereka berikan tidaklah efektif di Suriah, karena terbukti bahwa Suriah tetap solid dan bahkan kini menjadi simbol resistensi dan kebermartabatan.

Al-Watan optimis bahwa rakyat dan tentara Suriah pada akhirnya akan dapat menggulung eksistensi para teroris.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL