اعلان السيسي رئيسا لمصر بنسبة 96% من الاصواتKairo, LiputanIslam.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesir, Anwar Rashad al-Asi, mengumumkan kemenangan multak Abdul Fattah al-Sisi dalam pilpres yang berlangsung mulai tanggal 26 hingga 28 Mei lalu.

Dalam konferensi pengumuman hasil pilpres di Kairo Selasa kemarin(3/6/2014), hakim Mesir itu menjelaskan bahwa al-Sisi telah mengeruk sebanyak 23,780,104 suara atau 96.91 persen, sedangkan lawannya, Hamdeen Sabahi, hanya mengantongi suara sebanyak 740,304 atau 3.05 persen.

Dengan demikian, Abdullah Fattah al-Sisi akan dilantik sebagai presiden Mesir ke-8 setelah menjabat sebagai menteri pertahanan pada masa presiden terguling Mohamed Morsi.

Sementara itu, Pusat Studi Keamanan Israel yang bernaung di bawah Universitas Tel Aviv menilai terpilihnya al-Sisi sebagai presiden Mesir sebagai perkembangan terbaik bagi Rezim Zionis Israel.

Sebagaimana diberitakan Rai al-Youm Selasa kemarin, hasil kajian Israel yang dirilis oleh pusat studi tersebut menyatakan bahwa pemerintahan al-Sisi akan jauh lebih baik bagi Israel daripada pemerintahan Ikhwanul Muslimin yang secara fundamental memusuhi Israel.

Hasil kajian itu menambahkan bahwa al-Sisi juga lebih baik daripada Hamdeen Sabahi, karena Sabahi kecewa terhadap Israel dan mendukung Hamas, sedangkan al-Sisi memandang Hamas sebagai organisasi teroris.

Menurut Pusat Studi Keamanan Israel, al-Sisi mementingkan perdamaian dengan Israel, memandangnya sebagai langkah strategis serta menegaskan kepada publik bahwa dia akan melestarikan Perjanjian Camp David.

Hasil kajian itu juga menyebutkan bahwa dengan kemenangan al-Sisi maka Mesir akan gencar memerangi radikalisme yang berasal dari Ikhawanul Muslimin dan kelompok-kelompok ekstrimis Salafi/Wahabi. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL