Riyadh, LiputanIslam.com –  Koran al-Riyadh terbitan Arab Saudi memprediksi akan adanya kudeta ke-6 terhadap pemerintah Qatar, menyusul lima kali kudeta yang pernah terjadi di Doha sejak tahun 1971 sampai 2013.

“Selama empat tahun berkuasa Emir Qatar Tamim bin Hamad bukannya mampu mendatangkan kawan, tapi  justru mendapat banyak musuh,” tulis al-Riyadh, seperti dikutip IRNA, Jumat (2/6/2017).

Menurut al-Riyadh, ancaman yang sedang berproses terhadap Tamim berasal dari keluarga Ahmad bin Ali, karena Ahmad sebagai orang yang berhak memegang tampuk kekuasan bermaksud membalas dendam terhadap Tamim.  Sedangkan ancaman selanjutnya berasal dari ayah Hamad bin Khalifah al-Thani dan anaknya, Mashaal. Ibu Tamim, Moza binti Nasser, dulu telah menyingkirkan Mashaal demi kebertahtaan puteranya.

Al-Riyadh menambahkan bahwa para saudara sepupu Tamim dari Ahmad bin Ali telah merilis surat permintaan maaf kepada Arab Saudi dan menyatakan prihatin serta berlepas tangan dari perilaku Tamim.

Harian Saudi ini juga menyebutkan bahwa dalam surat itu keluarga al-Thani sudah tak betah terhadap kebijakan-kebijakan Tamim, dan karena itu Qatar berada di ambang aksi kudeta baru yang akan mengembalikan keluarga utama, yaitu Ahmad bin Ali, ke tahta.

Seperti diketahui, hubungan Qatar dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain tiba-tiba memanas setelah tersiar pernyataan kontrovesial yang  disebut-sebut sebagai pernyataan Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani yang mengritik deklarasi KTT Riyadh, mengecam besarnya transaksi senjata Saudi dengan AS, membela Hamas dan Hizbullah, dan menekankan pentingnya hubungan Qatar dengan Iran.  (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL