quran kuno

Ilustrasi: Naskah Alquran tertua di dunia yang ditemukan di University of Birmingham (BBC).

Sanaa, LiputanIslam.com –   Sebuah manuskrip kitab suci al-Quran terkuno telah ditemukan oleh seorang pemuda warga kota Dhale, Yaman.

Sebagaimana dilaporkan Yemeni Press, Senin (28/12) manuskrip itu ditemukan di salah satu gua terpencil dengan kondisi medan yang sulit dijangkau di pegunungan di selatan kota tersebut. Manuskrip kuno itu ditemukan dalam kondisi terbungkus dalam sebuah bahan mirip mumi dan tertutup dengan kover yang terbuat dari kulit hewan.

Naskah kitab suci umat Islam itu ditulis dengan huruf-huruf tanpa harakat dan titik sehingga juga menjadi pertanda kekunoan naskah. Namun tanda yang lebih jelas lagi ialah di halaman pertama naskah terdapat catatan; “Naskah ini ditulis oleh hamba yang fakir kepada Allah pada tahun 200 Hijriah”.

Hasil penelitian awal juga menunjukkan keaslian naskah serta informasi dan materi yang termaktub di halaman pertama naskah.

Yang lebih mengejutkan lagi, di sisi naskah itu juga ditemukan sebuah pedang berlapis tembaga yang berukir tulisan Arab yang berbunyi “Dzulfikar”, nama pedang masyhur milik Rasulullah saw yang kemudian beliau anugerahkan kepada pendekar andalannya, Sayidina Ali bin Abi Thalib ra.

Tanpa menyebutkan nama pemuda yang menemukan harta karun itu, media Yaman memberitakan bahwa pemuda itu enggan melepaskan benda temuannya itu meskipun sudah ada yang menawarnya sebesar 12 juta Riyal Yaman  atau sekitar USD 56,000. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL