AQAP-YamanSanaa, LiputanIslam.com –   Para pejabat militer Yaman Kamis (6/8) menyatakan kawanan bersenjata lokal yang terafiliasi dengan jaringan teroris al-Qaeda telah menduduki tiga kota di dekat Aden di bagian selatan Yaman.
Associated Press melaporkan bahwa saksi mata juga mengaku melihat bendera-bendera hitam telah dikibarkan di atas beberapa bangunan di kota-kota Rabath, al-Mos’abin dan al-Luhum.

Para pejabat keamanan Yaman yang meminta nama masing-masing tidak dipublikasikan menyatakan bahwa milisi itu telah menduduki bangunan-bangunan pemerintahan tanpa melalui perang dan pertumpahan darah. Bangunan-bangunan itu lantas  mereka jadikan sebagai markas.

Dilaporkan pula bahwa kekacauan situasi Yaman akibat serangan udara pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi  telah melicinkan pergerakan al-Qaeda sehingga dapat menduduki beberapa kota dan daerah di negara ini.

Di pihak lain, pasukan militer Yaman dan milisi Ansarullah (Houthi) sudah sekian bulan terlibat perlawanan terhadap agresi Saudi dan sekutunya. Mereka masih dapat menguasai sebagian besar kota dan daerah Yaman sekaligus terus berusaha melawan kelompok-kelompok teroris al-Qaeda dan ISIS yang disebut-sebut mendapat dukungan dana dan senjata dari Arab Saudi.

Saudi dan sekutunya menebar kematian dan memorak porandakan Yaman dengan dalih membela Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi yang kabur ke Arab Saudi menyusul revolusi rakyat yang digerakkan oleh Ansarullah.

Meski serangan udara sudah berjalan sekitar empat bulan tanpa henti, obsesi Saudi dan sekutunya untuk menumpas Ansarullah tidak menemukan tanda-tanda akan berhasil. Untuk mengejar kegagalan ini Saudi belakangan mencoba memulai operasi-operasi darat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL