Lebanon-Hezbollah's WeaponsBeirut, LiputanIslam.com – Di tengah kecamuk pertempuran Palestina-Israel, Front al-Nusra yang merupakan cabang al-Qaeda di Suriah justru dikabarkan telah menyerang milisi Hizbullah di wilayah perbatasan antara Libanon dan Suriah mengakibatkan jatuhnya beberapa korban jiwa dari kedua belah pihak.

Berdasar keterangan berbagai sumber, Rai al-Youm Senin (14/7) melaporkan bahwa telah terjadi kontak senjata sengit antara milisi Hizbullah Lebanon dan kawanan bersenjata Front al-Nusra yang berada dari kawasan gurun distrik Arsal, Lebanon, yang berbatasan dengan Suriah.

Menurut sumber-sumber tersebut, kontak senjata yang terjadi Ahad (13/7) sore waktu setempat itu menjatuhkan korban jiwa enam anggota Hizbullah dan sejumlah besar militan al-Nusra. Dalam pertempuran itu Hizbullah meringkus 14 militan al-Nusra.

Secara lebih rinci dilaporkan bahwa saat itu dua kelompok pasukan Hizbullah datang ke lokasi untuk menutup pintu perbatasan al-Darrah yang menghubungkan distrik Arsal dengan kawasan Qalamoun yang telah direbut kembali oleh pasukan Suriah dengan bantuan Hizbullah dari tangan militan. Saat pasukan Hizbullah sudah berada di lokasi, tiba-tiba mereka diserbu oleh militan al-Nusra dalam jumlah besar yang diperkirakan mencapai 400 orang sehingga terjadi kontak selama beberapa jam, dan Hizbullah berhasil menahan serangan mereka.

Pintu perbatasan itu merupakan jalur ilegal yang digunakan militan untuk menyalurkan pertolongan dari distrik Arsal kepada kelompok mereka yang kabur ke lokasi-lokasi gurun di sekitar Arsal setelah mereka kalah dalam pertempuran melawan pasukan Suriah.
Beberapa hari sebelumnya, Hizbullah juga menutup pintu perbatasan al-Sihrij yang juga merupakan jalur ilegal bagi militan untuk mendatangkan pertolongan ke wilayah Suriah dan kawasan gurun sekitar Arsal.

Sumber media lokal di Arsal menyebutkan bahwa tentara Lebanon telah membongkar pasko-posko pertolongan medis di distrik Arsal. Menurut sumber tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa tentara Lebanon sedang mempersiapkan serangan terhadap militan yang bisa jadi akan diawali dengan menyerbu distrik Arsal untuk kemudian membersihkan kawasan gurun di sekitarnya dari keberaan militan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL