hizbullah kibarkan benderaBeirut, LiputanIslam.com –  TV al-Manar milik Hizbullah di Lebanon menayangkan rekaman video gerak maju para petempur Hizbullah di kawasan perbukitan tandus (Jroud) di distrik  Arsal di bagian timur Lebanon. Sebagaimana dikabarkan Rai al-Youm, dalam video terlihat pertempuran yang terjadi pada Kamis (5/6) di mana pasukan Hizbullah berhasil menguasai kawasan-kawasan lembah dan pintu perbatasan al-Darb dan al-Rahwah yang sebelumnya dikuasai oleh kawanan teroris al-Nusra.

Beberapa pejuang Hizbullah menurunkan bendera al-Nusra dari salah satu pintu perbatasan yang semula dikuasai al-Nusra dan menganggantinya dengan bendera Hizbullah. Hizbullah menggelar aksi sweeping kawanan bersenjata yang kocar-kacir digempur Hizbullah di beberapa kawasan perbukitan strategis.

Sumber-sumber Hizbullah dari kawasan al-Rahwah di Jroud Arsal yang merupakan basis terpenting al-Nusra mengatakan terjadi aksi kabur massal kawanan teroris ke arah Wadi al-Kheil ketika Hizbullah bergerak maju secara pesat dari berbagai penjuru. Namun di saat mereka kabur dari al-Rahwah di selatan Jroud Arsal itu Hizbullah sempat menghancurkan peralatan tempur dan kendaraan mereka hingga menewaskan semua orang yang ada di dalamnya.

Sehari sebelumnya, Hizbullah telah memperkokoh kekuasaan terhadap area seluas 50 km persegi di bagian selatan Jroud Arsal serta merebut tiga bukit strategis dan sebagian besar pintu perbatasan ilegal Lebanon-Suriah, termasuk al-Rahwah, Wadi al-Darb, Wadi Itnin dan Wadi al-Kheil.

Hizbullah juga menguasai sepenuh Wadi al-Raayan sehingga posisi mereka sekarang dari arah selatan menjadi berhadapan dengan posisi tentara Lebanon yang berada di arah utara.

Selanjutnya, sebagaimana dikabarkan kantor berita nasional Lebanon, NNA, tentara negara ini menggempur posisi-posisi kawanan bersenjata di Jroud Ras Baalbek.

Bersamaan dengan memanasnya situasi di kawasan perbatasan timur Lebanon tersebut dewan kabinet negara ini  menggelar rapat mingguan dibawah pimpinan Perdana Menteri Tammam Salam.

Usai rapat, Menteri Informasi Ramzi Jreij mengumumkan bahwa dewan kabinet telah menginstruksikan tentara Lebanon supaya menempuh semua tindakan yang diperlukan untuk memulihkan kekuasaan dan keberadaannya di distrik Arsal serta mengamankannya dari kawanan teroris bersenjata.

“Tidak ada lagi batasan apapun bagi langkah-langkah yang mungkin akan ditempuh oleh tentara untuk membebaskan Jroud Arsal dan mengenyahkan kawanan bersenjata darinya,” ungkap Jreij.

Dia menambahkan bahwa dewan kabinet percaya penuh kepada tentara dan seluruh jajaran pimpinannya dalam pengambilan segala keputusan yang sesuai untuk mengatasi segala krisis di kawasan tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL