syria al-Nusra-FrontAleppo, LiputanIslam.com – Sedikitnya 27 teroris tewas di Suriah, satu di antaranya petinggi Front al-Nusra yang terafiliasi dengan jaringan teroris al-Qaeda, diserang kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian dikabarkan AFP berdasarkan keterangan Lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR), Rabu (7/4/2015).

Disebutkan bahwa puluhan teroris itu bergelimpangan tanpa nyawa terkena serpihan dua bom mobil yang diledakkan ISIS di dua lokasi terpisah di provinsi Aleppo di bagian utara Suriah, Selasa malam (6/4/2015). Tiga petinggi dari beberapa kelompok teroris setempat, termasuk Front al-Nusra, juga tersambar maut akibat ledakan itu.

Menurut SOHR, serangan mematikan ISIS terhadap sesama kelompok teroris itu dilakukan ISIS dengan tujuan mengembangkan pengaruhnya di bagian utara Suriah.

Lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di London ini menjelaskan bahwa satu bom mobil tersebut meledak di sebuah desa di utara Aleppo dekat perbatasan Turki, mengakibatkan sedikitnya 18 anggota Front al-Nusra tewas. Sedangkan satu bom mobil lainnya meledak di depan sebuah kantor bersama operasi para teroris di kota kecil Mari’, mengakibatkan sembilan teroris tewas, tiga di antaranyan petinggi mereka, masing-masing dari kelompok Front al-Shamiyah, Jaish al-Mujahidin dan Front al-Nusra.

SOHR menambahkan bahwa menyusul insiden tersebut terjadi kontak senjata sengit kelompok-kelompok itu melawan ISIS di dalam dan sekitar Mari’ hingga dini hari Rabu.

ISIS dan Front al-Nusra secara ideologis sama, namun di lapangan di berbagai kawasan Suriah mereka terlibat pertumpahan darah satu sama lain. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL