Riyadh, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan negaranya sedang dalam pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai pembentukan aliansi keamanan baru negara-negara Arab yang secara khusus ditujukan untuk melawan Iran.

Pada konferensi pers di sela pertemuan puncak Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Riyadh, Ahad (10/12/2018), al-Jubeir mengatakan bahwa akan ada pakta baru yang mirip dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan akan berusaha untuk melindungi Timur Tengah dari “agresi eksternal.”

“Pembicaraan terus berlanjut antara AS dan negara-negara Teluk (Persia) seputar masalah ini, dan ide-ide sedang disusun,” katanya.

Dia menambahkan, “Tujuannya adalah untuk mencapai pengaturan keamanan di Timteng yang dapat melindungi kawasan dari agresi eksternal … dan memperkuat hubungan antara AS dan negara-negara di kawasan itu.”

Al-Jubeir  menyebutkan  bahwa Mesir juga akan menjadi anggota perjanjian yang akan dinamai Aliansi Strategis Timur Tengah (Middle East Strategic Alliance/MESA) itu.

Pernyataan ini mengkonfirmasi laporan media dalam beberapa bulan terakhir tentang adanya motivasi  bersama Riyadh dan Washington untuk pembentukan “NATO Arab” yang juga akan melayani kepentingan Israel di kawasan Timteng.

Asisten Deputi Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Teluk Persia Tim Lenderking Ahad lalu mengunjungi Timteng untuk meyakinkan para pemimpin Arab agar berkomitmen kepada rencana tersebut. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*