kapal perang iranTeheran, LiputanIslam.com –   Angkatan Laut (AL) Iran telah menyelematkan dua kapal asing dari serangan gerombolan perompak atau bajak laut Somalia di Teluk Aden.

Asisten Operasi AL Iran Laksamana Mahmoud Mosavi, sebagaimana dilansir Fars News, Kamis (20/8), menyatakan bahwa Korps AL 35 Iran di Teluk Aden terlibat kontak senjata dengan kawanan perompak yang akhirnya memilih kabur dari lokasi. Kontak senjata terjadi setelah armada AL datang ke lokasi untuk memenuhi permintaan bantuan dari sebuah kapal asing.

“Empat jam kemudian gerombolan perompak menyerang satu kapal komersil lain, tapi kemudian direaksi lagi oleh satuan AL 35 Iran hingga mereka kabur lagi ke kawasan pantai Somalia,” imbuh Mosavi.

Dia juga mengatakan, “Para perompak mengerahkan enam perahu dalam serangan pertama, sedangkan dalam serangan kedua mengerahkan 12 perahu.”

Disebutkan bahwa Korps 35 AL Iran dalam pekan ini saja telah menggagalkan empat upaya serangan kawanan bajak laut terhadap kapal-kapal Iran dan negara-negara lain.

Armada Iran sudah lama melakukan patroli di perairan Teluk Aden dengan misi mengamankan jalur pelayaran kapal-kapal dagangnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL