Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Hossein Khanzadi menyatakan negaranya menguasai penuh Selat Hormuz, menempuh tindakan baru untuk meningkatkan kekuatan militernya, dan di masa mendatang akan membuat kapal selam kelas berat.

“AL Iran bermaksud membuat kapal selam berat,” katanya, Ahad (16/9/2018), sembari menyebutkan bahwa kapal selam Fateh dan Ghadir juga buatan Iran sendiri.

Mengenai Selat Hormuz dia mengatakan, “Sepertiga perdagangan dunia melintasi laut, dan jalur laut terpenting ada di segi tiga emas yang terdiri atas Selat Hormuz, Bab al-Mandeb, dan Selat Malaka. Selat Hormuz tentu berada dalam kekuasaan penuh Republik Islam Iran.”

Pada Agustus lalu Khanzadi mengatakan bahwa empat kapal selam jenis Fateh dan Ghadir serta dua kapal destroyer yang semuanya adalah buatan dalam negeri telah bergabung dengan AL Iran.

“Armada selatan akan menyaksikan bergabungnya destroyer Sahand pada 28 November mendatang. Destroyer ini telah sukses diujicoba di jalur-jalur laut,” ujarnya, seperti dilansir Fars.

Dia juga menuturkan, “Fateh adalah kapal selam generasi baru, dan juga akan bergabung dengan AL, sebagaimana tiga kapal selam jenis Ghadir yang dua diantaranya telah di-upgrade dan yang lain merupakan produk baru, juga akan bergabung.” (mm/raialyoum/sputnik)  

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*