Teheran, LiputanIslam.com –  Kapal perang AL Iran dan armada tamunya berupa kapal perang AL Pakistan akan mengadakan latihan tempur bersama di dekat perairan Iran selatan.

Komandan Zona I Laut Iran Laksamana Hossein Azad mengatakan bahwa armada Pakistan yang terdiri atas kapal Angkatan Laut Tippu Sultan dan PNS Jurrat serta satu helikopter, Rabu (15/3/2017), meninggalkan pelabuhan Bandar Abbas, Iran selatan, menuju kawasan timur Selat Hormuz di mana latihan tempur akan digelar .

Dia menambahkan bahwa kapal perusak Jamaran serta satu unit kapal peluncur rudal dan helikopter akan menyusul dan bergabung dengan armada Pakistan tersebut.

Dia mencatat sekitar 800 personil AL Iran dan Pakistan akan berpartisipasi dalam latihan perang ini.

Armada Pakistan berlabuh di Bandar Abbas pada hari Minggu lalu dan diterima secara resmi oleh para petinggi AL Iran.

Dalam kata sambutannya pada seremoni penyambutan, Laksamana Azad mengatakan kunjungan armada Pakistan ini sejalan dengan upaya peningkatan kerjasama keamanan Teheran – Islamabad.

Di pihak lain, komandan armada AL Pakistan pada acara yang sama mengatakan kunjungan ini membawa pesan perdamaian, mengikat hubungan persaudaraan antara Iran dan Pakistan, dan berusaha untuk memperkuat hubungan AL kedua negara bertetangga ini.

Pada 27 September 2016, armada tempur AL Iran juga berlabuh di Karachi untuk mengikuti latihan penyelamatan bersama AL Pakistan.

Kemudian, pada April 2016, dua kapal perang AL Pakistan juga berlabuh di Bandar Abbas selama empat hari. (mm/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL