جيش اليمن ولجانه الثورية يعلنون السيطرة على كامل عدنSanaa, LiputanIslam.com – Pasukan Ansarullah dan aliansinya berhasil merebut istana kepresidenan di lokasi strategis yang terletak di puncak sebuah bukit di sisi pantai selatan kota Aden, Kamis (2/4/2015). Demikian dilaporkan Associated Press berdasarkan keterangan “para pejabat resmi”.

Mereka berhasil merebut Istana Maasheeq setelah menerobos kawasan pusat perdagangan di kota Aden. Peristiwa ini menjadi pukulan telak bagi Arab Saudi dan sekutunya yang melancarkan serangan udara ke berbagai penjuru Yaman sejak 26 Maret lalu dengan dalih membela pemerintahan yang sah.

Istana Maasheeq di Aden terdiri dari beberapa vila yang bertengger di atas bukit batu yang menjorok ke Laut Arab. Tempat ini sempat menjadi istana terakhir presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansur Hadi sebelum dia melarikan diri ke Arab Saudi bulan lalu. Sebelum bertahan di Aden dia melarikan diri dari Sanaa, ibu kota Yaman, yang dikuasai oleh milisi Ansarullah.

Pertempuran masih berlangsung hingga Kamis malam karena pasukan loyalis Hadi masih berusaha melakukan perlawanan di beberapa bagian yang tersebar di Aden setelah mereka kalah di kawasan istana dan pusat kota.

Al-Qaeda Kuasai Kota Mukalla

Beberapa jam sebelumnya, kawanan teroris al-Qaeda merebut kota Mukalla yang juga merupakan kota pelabuhan strategis di sebelah timur Aden.

Para pejabat Yaman yang meminta namanya dirahasiakan menyebutkan bahwa al-Qaeda telah menyerbu sebuah penjara lokal di Mukalla dan membebaskan ratusan tahanan yang beberapa di antaranya militan, termasuk tokoh senior al-Qaeda, Khaled Baterfi, yang dipenjara sejak tahun 2011.

Satu Tentara Saudi Tewas

Satu pasukan penjaga perbatasan Saudi tewas dan 10 lainnya lainnya luka-luka dalam sebuah kontak senjata dengan milisi al-Houthi di wilayah perbatasan Saudi-Yaman.

Mengutip keterangan pejabat keamanan di Kementerian Dalam Negeri Saudi, kantor berita resmi negara ini, SPA, menyebutkan bahwa pasukan penjaga perbatasan Saudi di kawasan Asir mendapat serangan sengit dari kawasan pegunungan yang menghadap ke perbatasan. Akibatnya, satu tentara Saudi tewas dan 10 lainnya luka-luka.

519 Orang Terbunuh

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa sejauh ini sedikitnya 519 orang, termasuk perempuan dan anak kecil, terbunuh dalam perang Yaman selama dua pekan serangan udara Saudi dan sekutunya terhadap Yaman.

Sebagaimana dilansir AFP, dalam statemen yang dirilis oleh Wakil Sekjen PBB Urusan Kemanusiaan, Valarie Amos, mengatakan bahwa sebanyak 1,700 orang juga luka-luka dalam pertempuran antarkelompok yang bersiteru di Yaman serta serangan udara Saudi cs.

Dia juga mencatat bahwa di antara para korban terdapat 90 anak kecil, dan sebanyak 10,000 orang mengungsi, sebagian di antaranya menyebrang laut menuju Djibouti dan Somalia (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL