relawan irak al-hasyd al-sakbiBaghdad, LiputanIslam.com –  Dewan al-Hashd al-Syaabi Irak menyatakan pasukannya sudah memulai serangan pendahuluan  dan operasi luas untuk pembebasan provinsi Anbar dan wilayah utara provinsi Salahuddin dari kelompok teroris ISIS. Demikian dilaporkan Alalam Senin (25/5).

Dewan ini sebelumnya menyebutkan pihak akan menggunakan strategi dan senjata baru yang akan membuat musuh “terkejut” dalam perang Anbar. Menurutnya, pasukan keamanan dan relawan  Irak telah membangun garis pertahanan baru yang tak mungkin dapat diterobos ISIS di bagian timur Ramadi.

Wakil Ketua Dewan al-Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, mengatakan bahwa relawan sudah bertekad melancarkan operasi luas untuk membebaskan kilang minyak Baiji dan kawasan sekitarnya dari ancaman ISIS. Menurutnya, tentara dan relawan Irak sejak awal sudah bertahan di kilang minyak Baiji untuk melindunginya dari serangan ISIS.

Ketua Dewan Distrik Khalidiyah, provinsi Anbar, Ali Dawud, Minggu kemarin (24/5) menyatakan tentara dan relawan dalam operasi pendahuannya telah berhasil membebaskan kawasan al-Ankur di selatan Ramadi, ibu kota Anbar.

Seperti diketahui, sejak beberapa waktu lalu ISIS menguasai kota Ramadi dan mengeksekusi puluhan orang di provinsi Anbar. Kondisi ini menyebabkan puluhan ribu kepala keluarga berbondong-bondong mengungsi dari Ramadi menuju Baghdad hingga kemudian pemerintah pusat mengirim pasukan bantuan yang didukung oleh relawan al-Hashd al-Shaabi untuk membebaskan Ramadi dari cengkraman ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL