ammar al-hakim irakBaghdad, LiputanIslam.com – Ketua Dewan Tinggi Islam Irak Ammar al-Hakim menyatakan bahwa waktu dimulainya operasi pembebasan kota Mosul di Irak utara dari pendudukan kelompok teroris ISIS sudah dekat, dan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi harus dilibatkan dalam operasi ini.

Sebagaimana dilaporkan IRNA, hal itu dinyatakan dalam statamen dewan tersebut berkenaan dengan pertemuan al-Hakim dengan para komandan kelompok relawan Brigade Asyura, salah satu bagian al-Hasdh al-Shaabi, yang baru pulang dengan penuh kemenangan dari operasi pembebasan kota Fallujah di provinsi Anbar, Irak Barat, Kamis (14/7/2016).

“Operasi pembebasan Fallujah sudah dekat, dan pasukan al-Hashd al-Shaabi harus terlibat dalam operasi yang akan datang ini,” katanya.

Dia meminta para komandan pasukan relawan supaya mengindahkan pesan-pesan marji’, yaitu ulama besar yang menjadi panutan kaum Muslim Irak, dan instruksi yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Haider Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata Irak.

Statemen Dewan Tinggi Islam Irak juga menyebutkan bahwa pertemuan itu membahas dan mendiskusikan perkembangan situasi militer di berbagai wilayah operasi militer, termasuk di provinsi Salahuddin, demikian pula mengenai operasi pembebasan Mosul yang akan segera digelar.

Brigade Asyura yang berafiliasi dengan Dewan Tinggi Islam Irak merupakan salah satu kelompok relawan yang tergabung dalam kelompok besar relawan al-Hashd al-Shaabi yang diakui berperan besar dalam berbagai operasi militer melawan gerombolan teroris takfiri ISIS sepanjang dua setengah tahun terakhir, terutama di Fallujah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL