pemimpin-isis-abu-bakar-al-baghdadiBaghdad, LiputanIslam.com –   Sumber-sumber lokal Senin malam  (5/12/2016) menyebutkan bahwa “khalifah” dan pemimpin besar ISIS Abu Bakar al-Baghdadi sudah tidak ada di Mosul, melainkan terlihat bersama sejumlah petinggi ISIS lain di sebuah desa di kawasan al-Biaj, wilayah barat provinsi Nineveh di perbatasan Irak-Suriah.

Ketika pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul, berulangkali terbetik laporan baha ratusan anggota ISIS telah kabur dari Mosul bersama keluarga mereka menuju kota Raqqah yang diduduki dan dijadikan ISIS sebagai markas besar mereka di Suriah. Belakangan juga terdapat berita dugaan bahwa dia sudah terbunuh. (Baca: Abu Bakar al-Baghdadi Tewas? )

Laporan lain tentang ISIS menyebutkan bahwa ekstrimis berfaham Salafi/Wahabi ini telah mengangkat juru bicaranya yang baru bernama Abu al-Hasan Muhajir, menggantikan Abu Muhammad al-Adnani yang beberapa waktu lalu dikabarkan tewas terkena serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat di kota al-Bab, Suriah, pada 30 Agustus 2016.

Dalam pesan pertamanya, Muhajir menyerukan serangan bom bunuh diri terhadap kedutaan besar Turki di semua negara dunia.  Pemerintah Turki sendiri belum berkomentar mengenai seruan ini.       (mm/reuters/alyoum7)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL