Baghdad, LiputanIslam.com –  Jibar al-Maamouri, salah seorang petinggi pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, mengatakan bahwa serangan rudal Iran nyaris merenggut nyawa pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi.

“Gempuran Iran ke posisi-posisi tertentu ISIS di timur Furat, Suriah, dengan rudal-rudal canggih beberapa hari lalu telah menyasar sebuah perkumpulan yang disebut Dewan Perang ISIS, sementara al-Baghdadi saat itu sedang dalam perjalanan menunju pertemuan ini,” ungkap al-Maamouri, Kamis (4/10/2018).

Dia menjelaskan, “Al-Baghdadi nyaris terbunuh dalam gempuran ini. Tapi ajaib, dia selamat karena terlambat datang beberapa menit dalam pertemuan itu karena faktor yang mendadak, berdasarkan informasi yang ada. Ali al-Masyhadani yang tewas dalam gempuran rudal ini adalah wakil al-Baghdadi yang bahkan merupakan calon untuk apa yang disebut khalifah.”

Al-Maamouri menambahkan, “Serangan Iran telah menghabisi tiga komandan papan atas ISIS serta para amirnya untuk beberapa daerah…. Serangan ini berlangsung cermat, dan menjadi pukulan bagi ISIS.”

Seperti diketahui, pada 1 Oktober 2018 Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menyatakan telah menggempur posisi-posisi ISIS di timur Furat dengan rudal balistik sebagai balasan atas serangan teror yang menerjang parade militer di kota Ahwaz, Iran barat laut beberapa hari sebelumnya.

Media Iran melaporkan bahwa rudal-rudal itu dilesatkan dari wilayah Kermanshah, Iran barat, dan menyebrang di angkasa kota Tikrit, Irak. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*