Baghdad, LiputanIslam.com –  Sebuah sumber keamanan Irak di provinsi Nineveh, Irak utara, menyatakan sejumlah anggota dan komandan pasukan teroris ISIS telah melanggar baiatnya kepada pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dengan menolak instruksi-instruksinya karena dia tak ada di Mosul.

“Kelompok teroris ISIS mengalami perpecahan dan perselisihan internal sehingga banyak anggota ISIS yang menarik baiatnya dan menolak melancarkan serangan bunuh diri,” ungkap sumber anonium itu, Minggu (5/2/2016).

Dia menambahkan bahwa Abdullah al-Shami, salah seorang komandan pasukan ISIS, bersama sekelompok pasukan kamikaze ISIS “Inghimasi” telah menarik baiatnya kepada al-Baghdadi  karena melemahnya kekuatan ISIS dan tak adanya al-Baghdadi di Mosul.

Mereka menegaskan tidak wajib hukumnya menaati orang yang “tidak ada, tak diketahui, dan tak memiliki kekuasaan dan kekuatan.”

Jeboli Dinding Rumah

ISIS memaksa penduduk agar melubangi dinding rumah mereka untuk dijadikan sebagai lorong-lorong tersembunyi oleh pasukan teroris ini.

“ISIS menjebol dinding rumah kami dengan cara paksa… Mereka juga memaksa kami membayar 7 dinar kepada para pekerja yang menjebol dinding rumah kami,” ungkap Abu As’ad, satu di antara ratusan penduduk Mosul yang menjadi korban pemaksaan tersebut.

ISIS menjebol dan membuat lobang dari rumah ke rumah penduduk untuk difungsikan sebagai terowongan tersembunyi bagi pergerakan mereka agar tak terpantau oleh pasukan udara maupun darat Irak.

Belasan Teroris Tewas di Anbar

Pasukan Irak di provinsi Anbar, Irak barat, menyatakan belasan anggota ISIS dan dua bom mobil mereka hancur digempur pasukan Irak.

“16 teroris ISIS tewas dalam operasi pasukan Divisi 7 angkatan bersenjata Irak yang didukung pasukan adat dan jet tempur koalisi internasional anti ISIS,” kata sebuah sumber pada komando pasukan Irak di provinsi Anbar.

Dia menambahkan bahwa dua di antara belasan anggota ISIS yang tewas itu adalah teroris pembawa misi serangan bom bunuh diri, karena diketahui mengenakan dua bom rompi.

Sniper Kondang ISIS Tewas

Pasukan relawan Irak al-Hash al-Shaabi menyatakan pihaknya berhasil menghabisi seorang sniper terkenal ISIS yang memiliki julukan Abu Hudzaifah di desa Ain Talawah dekat Gunung Sinjar, Minggu.

Sehari sebelumnya, 25 anggota ISIS juga tewas diterjang operasi militer Irak di utara Mosul.

Seperti diketahui, pasukan Irak telah menguasai penuh Mosul timur dan akan segera melanjutkan operasinya untuk membebaskan Mosul barat dari pendudukan ISIS. (mm/alsumarianews/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL