abu bakar baghdadi01Baghdad, LiputanIslam.com – Pemimpin kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan kabur dari kota Raqqah, Suriah, dan bersembunyi di Mosul, Irak. Bersamaan dengan ini terbetik pula laporan bahwa sebanyak 39 teroris tewas dalam pertempuran dengan pasukan Irak di kota Baquba.

Seorang pejabat lokal Mosul kepada lembaga pemberitaan Irak al-Masalah Senin (29/9) mengatakan, “Al-Baghdadi bersembunyi di Mosul karena takut terkena serangan setelah posisi-posisi ISIS di kota Raqqah dibombardir (pasukan koalisi anti ISIS).”

Pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menambahkan, “Gembong ISIS itu sekarang bersumbunyi di Mosul, tapi tidak ada orang yang mengetahui dia tinggal di rumah atau daerah mana?”

Para pengamat meragukan kebenaran informasi tersebut. Ada yang mengatakan bahwa jika kabar itu benar maka al-Baghdadi bermaksud menjadikan penduduk Mosul sebagai perisai manusia, tapi ada pula yang menduga kuat informasi itu disebar hanya dengan tujuan membingungkan pihak-pihak yang berburu teroris ISIS, terutama gembongnya, Abu Bakar al-Baghdadi yang dinobatkan ISIS sebagai khalifah.

Sementara itu, mengutip keterangan sumber-sumber keamanan Irak, kantor berita Jerman, DPA, melaporkan bahwa sedikitnya 39 anggota ISIS tewas dalam dalam pertempuran dengan pasukan Irak di beberapa lokasi di dekat kota Baquba, provinsi Diyala, Irak.

Di kawasan Sakdiah dan pegunungan Hamraian di timur laut kota Baquba, 57 km utara Baghdad, sedikitnya 14 teroris bergelimpangan tanpa nyawa sementara beberapa kendaraan tempur mereka hancur akibat serangan jet tempur Irak terhadap beberapa posisi ISIS.

Di kawasan Mansuriah di sekitar kota Miqdadia yang juga terletak di timur laut kota Baquba, sedikitnya 22 teroris tewas dalam pertempuran dengan pasukan Irak yang dibantupasukan relawan. Selain itu, tentara Irak juga telah menyita banyak senjata dari berbagai jenis serta bahan peledak milik teroris.

Sumber-sumber keamanan Irak juga menyebutkan bahwa tiga anggota ISIS tewas dan satu lainnya cidera terkena ledakan bom di kawasan Jalawla di timur laut Baquba.

Sehari sebelumnya dilaporkan bahwa 133 anggota ISIS juga tewas akibat pertempuran dengan pasukan dan relawan Irak di berbagai kawasan negara ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL