Foto: Press TV

Foto: Press TV

Baghdad, LiputanIslam.com – Di tengah riuhnya berita seputar gejolak hubungan Irak dengan Turki, pemimpin nomor wahid kelompok teroris ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, diberitakan kabur dari Irak ke Libya.

Mengutip laporan FNA, Daily Mail Rabu lalu (9/12) menyebutkan bahwa dia kabur ke kota Sirte, Libya, setelah jiwanya selamat dari serangan udara di Irak. Sebelum ke Libya, dia sempat dirawat di Turki karena menderita luka parah akibat serangan angkatan udara Irak di provinsi Anbar, Irak barat, Oktober lalu.

Awalnya, dari Anbar dia dilarikan ke kota Raqqa, Suriah. Di kota yang menjadi markas besar atau “ibu kota” ISIS itu nyawanya di selamatkan oleh dokter, tapi kemudian dilarikan lagi ke Turki karena di Raqqa peralatan medis tidak memadai.

Narasumber Libya menyebutkan bahwa di Turki dia mendapat perawatan selama beberapa hari. Selanjutnya dia dipindah ke Turki karena dikuatirkan terjaring oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dan badan intelijen Irak.

“Ketika setiap orang mencarinya di Irak dan Suriah, tak seorangpun menduga dia berada di Sirte,” kata sumber itu.

Surat kabar Aljazair el-Shorouk juga menurunkan laporan yang sama, namun tidak menyebutkan dari negara mana al-Baghdadi dapat kabur dari Irak ke Libya.

Sedangkan situs Akhbar Libya24 mengutip keterangan kelompok paramiliter Fajr Libya bahwa al-Baghdadi sudah masuk ke Sirte secara tersembunyi dan ditempatkan di sebuah pangkalan militer besar sejak beberapa hari lalu.

Menurut situs ini, di pangkalan itu juga terdapat pemimpin kelompok teroris Boko Haram Abubakar Shekau yang sudah berbaiat dan menjadi pengikut Abu Bakar al-Baghdadi yang oleh ISIS dianggap sebagai khalifah.

Sejak beberapa hari lalu pemberitaan seputar Irak diriuhkan oleh gejolak hubungan Turki dengan Irak akibat masuknya pasukan Turki ke Irak utara tanpa koordinasi dengan Baghdad. Gejolak ini membuat laporan seputar kaburnya al-Baghdadi ke Libya menjadi nyaris luput dari perhatian media.

Hingga kini sumber-sumber resmi Irak maupun negara-negara regional lainnya belum ada yng mengkonfirmasikan berita kaburnya al-Baghdadi tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL