Baghdad, LiputanIslam.com –  Sumber keamanan Irak menyebutkan bahwa pemimpin kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi terluka akibat serangan udara di kota al-Qaim di bagian barat provinsi Anbar, Irak barat.

Beberapa media mengutip pertanyaan sumber di lembaga intelijen Kemendagri Irak bahwa al-Baghdadi menderita luka parah terkena serangan udara Irak tiga hari lalu, kemudian dibawa lari dari provinsi Anbar ke wilayah Suriah.

Sumber itu menambahkan bahwa beberapa tokoh ISIS tewas dalam peristiwa tersebut, dan al-Baghdadi saat itu berada al-Qaim untuk menghadiri pertemuan para pemimpin ISIS yang membicarakan perkembangan situasi lapangan di Mosul.

Sumber keamanan Irak lainnya menyatakan ada kemungkinan dan belum dapat dipastikan bahwa al-Baghdadi terluka.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi 7 Februari lalu mengatakan otoritas Irak mengantongi informasi tempat keberadaan gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Saat ditanya mengenai apakah pemimpin ISIS berada di Mosul yang sebagian besarnya sudah direbut lagi oleh pasukan Irak, Abadi mengatakan, “Saya tidak mengungkapkan apapun soal ini, ada data-data tertentu mengenai di mana dia berada.”

Al-Baghdadi sudah sekian lama menjadi sosok misterius yang tak ada berita pasti mengenai di mana dia berada. Dia berulangkali dilaporkan terluka atau bahkan tewas akibat serangan pasukan Irak atau pasukan koalisi anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL