Foto: Press TV

Mosul, LiputanIslam.com –  Sosok misterius pemimpin besar kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, diduga mendekam di kawasan yang dikepung oleh pasukan Irak di kota Mosul, Irak utara. Demikian dikatakan oleh sumber militer Irak kepada Sputnik milik Rusia, Minggu (2/4/2017).

“10 hari lalu ISIS berusaha membawa beberapa anggotanya dengan 40 mobil yang dikawal sejumlah tank dari Suriah ke Tal Afar (53 km barat Mosul). Mereka berusaha memecah kepungan terhadap para teroris ISIS di Tal Afar untuk kemudian bergerak memecah kepungan terhadap kawasan-kawasan Mosul yang dikuasai ISIS,” terang sumber anonim itu.

Dia menambahkan, “Upaya ini ditujukan untuk menarik keluar kawanan bersenjata dari Mosul, atau membawa keluar Abu Bakar al-Baghdadi, dan ada kemungkinan pemimpin ISIS berada di kawasan ini.”

Al-Baghdadi sudah sekian lama menjadi teka-teki keberadaannya. Keterangan sebelumnya dari sumber Irak lain menyatakan al-Baghdadi kemungkinan menderita luka akibat serangan udara pasukan koalisi internasional di wilayah perbatasan Irak-Suriah pada Maret lalu.

Sementara itu, sumber keamanan Irak mengatakan sedikitnya 32 teroris ISIS tewas dalam kontak senjata dengan pasukan Irak di Mosul barat, Minggu.

“Puluhan kawanan bersenjata ISIS menyerang posisi-posisi pasukan kepolisian federal dan pasukan reaksi cepat (bernaung di bawah Kemendagri) di distrik al-Sinaa lama  di kawasan Arab, barat daya Mosul, dengan memanfaatkan kondisi cuaca buruk (berkabut). Terjadi kontak senjata antara ISIS dan pasukan Irak selama lebih dari tiga jam berturut-turut dengan menggunakan berbagai jenis senjata, dan pasukan Irak berhasil mematahkan serangan ini,” ujar Letkol Dargham Maqdam al-Khafaji, perwira polisi Irak, kepada kantor berita Turki, Anadolu.

Dia menambahkan, “Lebih dari 32 kawanan bersenjata tewas dan  satu motor berbahan peledak hancur sehingga para ekstrimis terpaksa mundur ke posisi-posisi yang masih mereka kuasai di Mosul barat.”

Dia juga mengatakan bahwa delapan orang juga tewas dan empat lainnya terluka di pihak pasukan Irak. (mm/irna/alsumarianews/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL