Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad memastikan Amerika Serikat (AS) bermaksud menjadikan tragedi bom kimia Khan Sheikhun sebagai dalih untuk melakukan intervensi militer di Suriah. Dia juga mengaku pantang jenuh dan letih melawan para teroris yang didukung AS dan sekutunya.

Dalam wawancara dengan TV ONT milik Belarus yang disiarkan Kamis (11/5/2017) al-Assad mengatakan, “Donald Trump (Presiden AS) yang pemerintahannya mengalami problema yang tak ada habisnya, termasuk dalam hubungan dengan media dan wartawan, berusaha menenangkan kelompok ini dengan cara menjalankan operasi militer di Suriah… Praganda Barat dan media Barat anti Suriah sebenarnya ingin membersihkan kelompok teroris ISIS di mata internasional… Dukungan Barat kepada ISIS maknanya ialah bahwa para pembuat heboh anti Israel berusaha mengesankan bahwa pemerintah Suriahlah yang membantai rakyat, bukan para teroris.”

Dia menjelaskan bahwa negara-negara Barat menolak penyelidikan kasus bom kimia Khan Sheikhun, sementara Iran dan Suriah justru mengusulkan penyelidikan.

Kelompok-kelompok teroris pada 4 April lalu menebar heboh bahwa telah terjadi ledakan bom kimia di kota Khan Sheikhun. Bersama AS dan beberapa negara Barat lainnya mereka menuduh pemerintah Suriah sebagai pelaku serangan yang disebut-sebut telah menewaskan sekira 100 orang dan melukai 400 lainnya tersebut.

Ditanya mengenai apakah al-Assad tidak kewalahan dan jenuh menghadapi kondisi peperangan yang sudah berjalan enam tahun di Suriah, dia menjawab, “Saya yakin merekalah yang letih, saya tidak letih. Merekalah yang letih akibat banyaknya kedustaan yang tak menghasilkan apa-apa.  Di sisi lain, ini merupakan sesuatu yang positif. Sebab, terkait dengan politik Barat, ketika mereka melekatkan sifat-sifat buruk pada tokoh politik di negara lain maka ini berarti bahwa tokoh itu adalah sosok nasionalis, karena standar demokrasi mereka contohnya adalah dinasti al-Saud (Kerajaan Arab Saudi) dan para sahabat mereka.” (mm/irna/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL