Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan bahwa kondisi yang dialami Suriah sekarang lebih menyerupai perang multinasional terhadap Suriah, namun hanya ada satu opsi bagi negara ini, yaitu mengalahkan teroris.

“Perang melawan teroris di Suriah bukan hanya demi kemaslahatan Suriah dan rakyat Suriah semata, melainkan juga untuk kemaslahatan Timteng dan Eropa sendiri. Sayangnya hal ini tidak dilihat oleh sebagian pejabat di Barat, entah karena mereka tidak menyadarinya atau karena tidak mengakuinya,” ujar al-Assad dalam TV RTP milik Portugal, seperti dikutip al-Alam, Rabu (16/11/2016).

Ditanya mengenai kemungkinan kerjasama Suriah dengan Sekjen baru PBB Antonio Guterres yang mengaku memprioritaskan perdamaian di Suriah, al-Assad menyatakan kesediaannya menjalin kerjasama melalui jalur apapun untuk mewujudkan stabilitas Suriah selagi memang mengindahkan kemaslahatan negara ini dan merespon aspirasi rakyatnya.

Namun dia mengingatkan bahwa Sekjen PBB bukanlah PBB itu sendiri meskipun jabatan sekjen sangatlah penting.

“Apa yang kami harapkan dari sekjen baru PBB ialah dapat obyektif dalam setiap statemennya berkenaan dengan konflik di dunia, termasuk Suriah, karena jika tidak maka jabatannya itu akan berubah menjadi cabang Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS),” tuturnya.

Mengenai harapannya kepada Donald Trump yang terpilih sebagai presiden AS dia mengatakan, “Kami tidak memiliki harapan banyak, karena pemerintahan AS berkaitan bukan dengan presidennya semata, melainkan juga dengan berbagai kekuatan yang ada dalam pemerintahan ini, dengan berbagai tekanan yang mempengaruhi presiden. Karena itu kita harus menunggu dan melihat ketika dia memulai misi barunya, atau terpasrah kepada misi jabatannya sebagai presiden dalam pemerintahan ini setelah dua bulan nanti.”

Dia melanjutkan, “Kami selalu mengatakan bahwa kami berharap AS bersikap netral, menghormati undang-undang internasional, tidak mencampuri urusan negara lain di dunia, dan tentunya berhenti menyokong teroris di Suriah.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL