assad dan putinDamaskus, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sejawatnya dari Rusia Vladimir Putin menyepakati pengurangan jumlah pasukan udara dan jet pembom Rusia di Suriah, namun di saat yang sama Putin menegaskan negaranya tetap menyokong pemerintah Damaskus dalam perang melawan terorisme.

Seperti dilansir kantor berita resmi Suriah, SANA, kantor kepresidenan Suriah dalam statamen yang dirilis Senin (14/3) menyebutkan bahwa kesepakatan itu dicapai melalui kontak telefon antara al-Assad dan Putin, setelah dengan bantuan pasukan udara Rusia tentara Suriah mengalami kemajuan pesat dalam perang melawan terorisme dan memulihkan stabilitas dan keamanan di banyak kawasan, serta berkembangnya proses rekonsiliasi nasional Suriah.

Disebutkan pula bahwa Rusia menegaskan akan terus menyokong dan membantu pemerintah Suriah dalam melanjutkan perang melawan terorisme, dan Putin menilai pasukan udara Rusia sudah menjalankan sebagian besar misinya di Suriah.

Statemen itu juga menegaskan kesiapan al-Assad memulai proses politik dan berharap dialog antara pemerintah Suriah dan kubu oposisi di Jenewa, Swiss, dapat menelorkan hasil signifikan. Dia juga berharap Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dapat berperan lebih optimal dalam perundingan damai tersebut.

Di pihak lain, Putin menyatakan, “Tugas yang telah ditetapkan untuk Kementerian Pertahanan dan pasukan militer telah dijalankan. Karena itu, saya memerintahkan kepada Menteri Pertahanan supaya menarik keluar sebagian besar pasukan militernya dari Republik Arab Suriah sejak Selasa (15/3).”

Dia juga menyampaikan harapannya agar keputusan ini menjadi pesan yang baik untuk proses penyelesaian krisis Suriah melalui jalur damai.

Keputusan mendadak Kremlin menarik sebagian besar pasukannya dari Suriah mengejutkan banyak kalangan di Timur Tengah.

Seperti diketahui, Rusia melancarkan serangan udara terhadap posisi-posisi teroris, termasuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Jabhah al-Nusra, dengan seizin pemerintah Damaskus sejak 30 September 2015. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL