Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan pihaknya bermaksud berunding dengan Rusia untuk mendapatkan sistem anti rudal paling mutakhir guna menghadapi ancaman Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Dalam wawancara eksklusiv dengan TV Venezuela teleSUR di Damaskus, ibu kota Suriah, Kamis (27/4/2017), dia menjawab pertanyaan mengenai tujuan Suriah memiliki sistem penangkis rudal paling mutakhir.

“Kami dalam situasi perang melawan Israel, sudah sewajarnya kami memiliki sistem demikian… Sudah sewajarnya kami sekarang berunding dengan Rusia untuk memperkuat sistem ini, baik untuk menghadapi ancaman udara dari Israel maupun untuk menghadapi ancaman yang mungkin datang dari rudal AS…Sekarang hal ini menjadi kemungkinan yang beralasan menyusul serangan AS belum lama ini terhadap landasan udara Shayrat (provinsi Homs, Suriah tengah),” terangnya.

Pernyataan ini dikemukakan beberapa jam setelah Damaskus menuduh Israel telah menyerang posisi militer dekat bandara internasional Damaskus, Kamis dini hari. Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan telah terjadi serangan terhadap gudang senjata milik Hizbullah Lebanon, tapi Damaskus membantah Hizbullah memiliki gudang senjata dekat bandara tersebut.

(baca: Israel Diduga Menyerang Bandara Damaskus, Rusia Minta Semua Pihak Tahan Diri)

Selain itu, tanggal 7 April lalu AS menyerang pangkalan udara militer Shayrat beberapa hari setelah terjadi tragedi dugaan bom kimia di kota Khan Shaykhun, provinsi Idlib, Suriah utara, yang menewaskan 88 orang, 31 di antaranya anak kecil.

AS dan negara-negara Barat sekutunya menuding tentara Suriah sebagai pelakunya, tapi dituduhan dibantah oleh Suriah dan dua negara kuat sekutunya, Rusia dan Iran.

Mengenai rekonstruksi Suriah, al-Assad mengatakan, “Semua negara yang anti bangsa Suriah dan ikut andil dalam perusakan dan penghancuran sama sekali tidak akan memiliki tempat kapanpun dalam rekonstruksi di Suriah. Ini adalah sesuatu yang pasti.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL