Beirut, LiputanIslam.com –  Laman berita al-Ahed yang berbasis di Lebanon, Rabu (9/8/2017), membongkar beberapa poin kesepakatan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir dengan dewan tinggi perunding oposisi Suriah mengenai dukungan Riyadh kepada penyelesaian krisis Suriah.

Beberapa poin itu ialah sebagai berikut;

Pertama, membiarkan Presiden Suriah Bashar al-Assad tetap bertahan pada jabatannya selama 18 bulan pada masa transisi kekuasaan dan dia berhak mencalonkan diri sebagai presiden untuk periode selanjutnya.

Kedua, tetap mempertahanan angkatan bersenjata, badan keamanan, dan lembaga-lembaga pemerintahan Suriah lainnya.

Ketiga, melindungi jiwa kalangan minoritas dan hak mereka berpartisipasi dalam pemerintahan Suriah di masa mendatang.

Keempat, menghentikan semua aksi bersenjata, mengumpulkan semua senjata berat, terutama di Idlib, dan menindak semua pihak yang menolak kesepakatan ini.

Kelima, organsisasi Pasukan Pembebasan Suriah, FSA, bekerjasama dengan tentara Suriah di masa mendatang dalam penumpasan terorisme.

Beberapa sumber oposisi Suriah yang didukung Saudi beberapa hari lalu menyatakan bahwa al-Jubeir menyetujui kebertahanan al-Assad pada jabatannya, dan jika oposisi Suriah menolak hal ini maka al-Jubeir akan keluar dari proses negosiasi.

Menurut mereka, Saudi berubah sikap karena tiga faktor sebagai berikut;

Pertama, Amerika Serikat telah bersepakat dengan Rusia mengenai pengadaan kawasan de-eskalasi.

Kedua, berbagai persoalan regional semakin membelit Saudi, termasuk krisis Yaman dan Qatar sehingga Saudi ingin memulihkan citranya.

Ketiga, memanasnya situasi internal Saudi pasca pemakzulan Mohammad bin Nayef dari kedudukannya sebagai putera mahkota serta pemecatan para petinggi Saudi lainnya dari posisi masing-masing oleh Raja Salman bin Abdul Aziz. Saudi berharap akan fokus pada upaya meredakan keadaan internal demi memuluskan penobatan Mohammad bin Salman sebagai raja menggantikan ayahnya. (mm/alahed)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL