Gaza, LiputanIslam.com – Seorang anak Palestina gugur syahid dan 41 warga Palestina lainnya terluka oleh serangan pasukan Zionis Israel terhadap para demonstran damai pada hari Jumat ke-48 (22/2/2019) aksi “The Great March of Riturn” yang menyerukan hak kepulangan para pengungsi Palestina dan pemecahan blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf al-Qudrah, menyatakan bahwa Yusuf Saeed Hussein al-Daya, 15 tahun, gugur setelah menderita luka di bagian dadanya akibat serangan pasukan pendudukan Israel di timur Gaza.

Dia menambahkan bahwa satu warga 41 warga Palestina lainnya menderita luka diterjang peluru pasukan Zionis dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Ribuan warga Palestina pada Jumat sore mengikuti aksi tersebut yang kali ini mengangkat tema “Setia Kepada Para Syuhada Pembantaian di Haram Ibrahim” dan digelar secara damai sembari mengibarkan bendera-bendera Palestina di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza.

Pasukan Israel berusaha membubarkan aksi itu dengan menembakkan peluru tajam dan gas air mata ke arah demonstran sehingga para pemuda Palestina bereaksi dengan membakar ban-ban bekas dan melemparkan batu ke arah pasukan Israel.

Al-Qudrah menyebutkan bahwa sebagian besar korban cedera dirawat di lapangan karena luka mereka tidak parah.

Panitia penyelenggara aksi itu menyerukan kepada warga Palestina agar menggelar aksi The Great March of Riturn sebagai tanggapan atas suara-suara miring berkenaan dengan aksi itu, dan menegaskan bahwa aksi itu akan terus berlanjut sampai tujuannya tercapai. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*