palestina-zionis-alaqsaBaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Tentara Zionis dilaporkan telah menyerbu Masjid al-Aqsha di Baitul Maqdis, Palestina, dan menganiaya orang-orang yang beriktikaf di dalamnya, Minggu (26/7).

Falastine al-Youm melaporkan bahwa saat itu pasukan Zionis juga memukuli para penjaga dan petugas kebersihan Masjid al-Aqsha sehingga terjadi bentrokan hebat. Pasukan Zionis kemudian memblokir masjid dan melarang masuk semua pria di bawah usia 50 tahun masuk ke komplek masjid. Sejak pukul 7 pagi mereka bahkan melarang masuk penduduk dari semua usia.

Puluhan warga Palestina sejak Sabtu malam telah melakukan iktikaf dengan tujuan melindungi Masjid al-Aqsha dari ancaman kelompok-kelompok Zionis yang mengklaim sebagai pelindung “Kuil (Sulaiman)”.

Sebelumnya, tersiar seruan supaya puluhan kelompok ekstrimis Zionis masuk Masjid al-Aqsha untuk menyelenggarakan ritual “mengenang peristiwa perusakan kuil”.

Kantor berita Turki, Anatolia, melaporkan bahwa ketua administrasi dan lima orang pengawalnya menderita luka-luka akibat bentrokan itu.

Dalam peristiwa lain di hari yang sama tentara Zionis menangkap lima warga Palestina di beberapa kawasan Tepi Barat.
sebagaimana dilaporkan kantor berita Palestina, Wafa, mengutip keterangan beberapa sumber lokal menyebutkan bahwa tentara Zionis melakukan aksi razia di desa Husan di barat kota Bethlehem dan menangkap dua pemuda Palestina usia 18 dan 19 tahun.

Tentara Zionis juga merazia beberapa tempat di kota al-Khalil (Hebron) dan menangkap tiga pemuda lain di kawasan Yata dan Halhul, setelah itu mereka merazia rumah-rumah penduduk di kawasan Beit Awwa di barat al-Khalil.

Di kota Salwad di timur Ramallah terjadi bentrokan antara pasukan Zionis Israel dan warga Palestina akibat operasi razia yang dilakukan oleh pasukan Zionis. Para saksi mata mengatakan bahwa tentara Israel telah menyerang warga Palestina dengan menembakkan gas air mata dan bom suara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL