Amman, LiputanIslam.com –   Pengadilan keamanan negara Yordania, Selasa (15/1/2019), menjatuhkan vonis hukuman sembilan tahun penjara terhadap  agamawan gerakan Jihad Salafi/Wahhabi  Yordania, Abed Shehadeh al-Tahawi.

Koresponden kantor berita AFP melaporkan bahwa al-Tahawi yang ditahan sejak 28 Desember 2015 divonis demikian karena dianggap telah melakukan “penghatusan untuk pembangkangan terhadap pemerintah” dalam insiden di provinsi Zarqa (23 km timur laut Amman) pada musim semi tahun 2011.

Pada 15 April 2011 provinsi Zarqa dilanda insiden kekerasan ketika terjadi demonstrasi yang digelar  oleh gerakan Salafi untuk menuntut pembebasan tahanan kelompok ini. Insiden itu menjatuhkan 91 korban luka yang sebagian besar di antaranya adalah personil keamanan.

Pada Agustus 2011, pengadilan Yordania mulai menyidang 150 militan Salafi, termasuk beberapa orang yang melarikan diri dari kejaran hukum, terkait dengan kasus-kasus kekerasan yang menyertai demonstrasi. Mereka dituduh “melakukan aksi teroris bersama, pertemuan ilegal dan kerusuhan.”  (mm/railayoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*