taliban_afghan_0309Kabul, LiputanIslam.com – Sebanyak 36 pasukan Taliban tewas dan 17 lainnya cidera dalam kontak senjata dengan kekuatan gabungan polisi dan tentara Afghanistan serta pasukan asing, Minggu (30/03). Demikian diumumkan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan dalam siaran persnya yang diterima IRNA, Senin (31/03).

Disebutkan bahwa dalam kontak senjata yang terjadi sejumlah propinsi Afghanistan, termasuk Kunar, Nangahar, Badakhsan, Juzjan, Uruzgan, Qandahar, Zabul, Ghazni dan Hilmand, itu kekuatan gabungan juga berhasil meringkus beberapa anggota milisi Taliban dan menyita peralatan perang berat dan ringan milik Taliban. Selain itu mereka juga mengungkap enam buah bom yang dipasang beberapa titik jalan di propinsi Uruzgan dan Ghazni.

Sehari sebelumnya Kementerian Dalam Negeri Afghanistan juga mengumumkan bahwa 21 personil Taliban terbunuh dalam kontak senjata dengan tentara Afghanistan di berbagai kawasan negara ini.

Menjelang pemilu presiden dan dewan perwakilan daerah di Afghanistan gelombang serangan milisi Taliban meningkat. Menurut pemerintah Afghanistan, serangan mereka ditujukan untuk mengacaukan proses pemilu. Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan dan Dewan Keamanan Nasional negara ini menyatakan tentara Afghanistan akan menumpas segala bentuk pergerakan milisi Taliban dan memastikan bahwa kelompok radikal ini tidak akan dapat menghadang proses pemilu.

Menurut Kementerian Pertahanan Afghanistan, sebanyak 400,000 personil keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pemilu presiden dan dewan perwakilan daerah yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 5 April 2014. Komisi independen pemilu Afghanistan menyatakan bahwa pemilu ini akan diawasi oleh 200 ribu pengawas dari dalam luar negeri. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL