Amman, LiputanIslam.com –  Tewasnya mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, Senin (4/12/2017), membuat opini publik Arab Saudi terbelah; ada yang pula berbela sungkawa atas kematiannya, ada yang mencemoohnya, dan ada pula yang menyalahkan Saleh sendiri karena lama bersekutu dengan Ansarullah (Houthi) dan terlambat memaklumkan apa yang disebutnya “intifada” (kebangkitan) melawan Ansarullah.

Saudi menunjukkan kegembirannya ketika koalisi Ansarullah-Saleh pecah dan Saleh menyatakan perang sembari menyeru penduduk agar berperang melawan Ansarullah. Saudi menganggap perkembangan ini sebagai era penghabisan bagi Ansarullah dan kemenangan bagi Saudi dan sekutunya yang tergabung dalam operasi militer anti Ansarullah bersandi Badai Mematikan.

Kematian Saleh menggemparkan media sosial Twitter Arab. Para aktivis di media ini membuat hashtag berbahasa Arab artinya #tewasnya_ali_abdullah_saleh, dan dari hashtag ini terlihat  betapa Saudi dan sekutunya mencemaskan kemungkinan semakin menguatnya pengaruh dan kekuasaan Ansarullah di Yaman, padahal mereka sempat bereuforia akan merebaknya kekacauan di Sanaa setelah koalisi Ansarullah-Saleh pecah dan terjadi kontak senjata antara kedua pihak di Sanaa.

Dewasa ini, kabar yang simpar siur dan kontroversial ialah keterbunuhan Saleh, yakni apakah dia terbunuh akibat ledakan di dalam rumahnya, atau tertembak dengan peluru tajam. Bahkan ada pula yang mengabarkan bahwa tewas akibat serangan udara Saudi dan sekutunya yang salah sasaran.

Dalam video yang beredar di dunia maya terlihat jenazah Saleh digotong ramai-ramai di atas kain selimut tebal dengan kondisi luka di bagian kepala.

Sebagian aktivis menuduhnya pengecut dan berniat kabur dari Yaman  karena dia tewas ketika dalam pelarian setelah dia mengetahui pihaknya kalah dalam kontak senjata, namun pihak Saleh membela diri dengan menyatakan bahwa dia bertahan mati-matian dan terbunuh sebagai pengorbanan demi Yaman dengan alasan dia terbunuh dalam pertempuran di atas tanah Yaman. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL