London, LiputanIslam.com –  Jurnalis kondang berdarah Palestina Abdel Bari Atwan menilai sebagian negara Arab justru bergembira menyaksikan Rezim Zionis Israel menyerang Suriah.

“Di antara negara- negara Arab yang berbatasan langsung dengan Palestina Pendudukan, Suriah (bersama Lebanon) adalah satu-satunya negara yang masih dalam kondisi perang melawan Israel, tidak menjalin  kesepakatan apapun atau perjanjian damai dengannya, dan karena itu selalu menjadi sasaran serangan Israel,” tulis Atwan dalam editorial media online Ray al-Youm yang berbasis di London, Kamis (27/4/2017).

Dia  menambahkan, “Sama sekali tidak ada negara Arab mengecam agreasi Israel terhadap sebuah negara Arab ini, dan tidaklah berlebihan jika kami mengatakan bahwa beberapa pemerintah Arab justru berpesta atas serangan ini dan merasa betapa baiknya seandainya serangan itu menjatuhkan korban jiwa dan materi lebih besar. Jadi, Israel bukanlah musuh bagi banyak di antara mereka, terutama negara-negara Teluk, melainkan sekutu kuat yang dapat mereka percaya.”

Pemimpin redaksi Ray al-Youm ini juga menyebutkan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang bersiap-siap bersafari ke Timteng, termasuk ke Tel Aviv, Ramallah, Amman, dan Riyadh.

Menurutnya, Trump datang ke Timteng dalam rangka mendirikan “aliansi NATO Arab Sunni” untuk membendung pengaruh Iran.

“Israel akan menjadi batu sudut dalam alinasi ini secara langsung ataupun tidak langsung, dan jelas bahwa Suriah selaku sekutu kuat Iran dan paling memusuhi Israel dan agenda AS di kawasan akan menjadi sasaran aliansi yang didukung AS ini,” lanjutnya.

Abdel Bari Atwan menjelaskan bahwa Israel kali ini tidak menerbangkan jet tempur, melainkan melesatkan rudal dalam menyerang Suriah, karena Israel kuatir jet tempurnya tertembak di Suriah, dan ini menunukkan bahwa Israel memiliki data-data mengenai adanya sistem pertahanan udara di Suriah yang dapat merontokkan pesawat Israel.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL