فشل هجوم ثالث لداعش على مطار الطبقة شمال سورياBaghdad, LiputanIslam.com – Sebanyak 90-an anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas di Mosul, provinsi Nineveh dan Salahudin, Irak, Ahad (24/8). Di Mosul dan wilayah sekitarnya ISIS diserang oleh pasukan suku-suku setempat serta pasukan Kurdi Irak, Peshmerga.

Juru bicara kelompok-kelompok suku Mosul, Abdul Salam al-Jalil, mengatakan pihaknya berhasil membunuh 21 kawanan bersenjata ISIS, empat di antaranya warga negara Maroko.

“Pasukan-pasukan suku kota (Mosul) bersama Gerakan Perwira Bebas berhasil membunuh 21 anggota ISIS, empat di antaranya asal Maroko, dalam sebuah serangan terhadap mereka di kawasan Iskan. Kelompok-kelompok adat Mosul sudah menentukan strategi untuk membersihkan kota ini dari ISIS, dan kami akan melaporkan kepada pasukan keamanan posisi-posisi para pemimpin gerombolan ini sebagai bantuan kami dalam penghancuran sarang-sarang mereka, ” ungkap al-Jalil, seperti dilansir laman al-Sumaria.

Keterangan lain dari anggota perlemen Irak Fahd Abdul Hamid al-Sumaida’ menyebutkan bahwa ISIS berusaha menghancurkan fasilitas milik pemerintah di Mosul.

Dia mengatakan, “Gerombolan ISIS kini mencoba meledakkan bangunan-bangunan milik pemerintah dan rumah-rumah para pengungsi, dan sejauh ini mereka telah meledakkan sebagian besar gedung-gedung sekolah di bagian kiri kota ini dengan tujuan mempersulit proses pembebasan kota ini dari tangan mereka.”

Laporan lain dari narasuber lain di provinsi Nineveh menyebutkan bahwa di hari yang sama sebanyak 30 anggota ISIS tewas di tangan pasukan Peshmerga yang didukung pesawat tempur Amerika Serikat (AS) di dua desa di kawasan Nahiyat Zumar di barat kota Mosul.

“Didukung pesawat tempur AS, pasukan Peshmerga sore hari ini (Ahad) telah melancarkan serangan di desa al-Hudaimah dan Tal al-Dahab di wilayah administrasi Nahiyat Zumar, mengakibatkan 30 anggota ISIS tewas,” kata sumber yang meminta tidak disebutkan identitasnya itu.

Masih di kawasan Nahiyat Zumar, sembilan lagi anggota ISIS juga tewas dan dua kendaraan mereka hangus diterjang serangan udara AS di di desa Ain Halwa dan desa Hamu Kilu.

Namun demikian, kawanan ISIS di desa Tel Mus beraksi dan menyuruh penduduk setempat agar meninggalkan desa itu sesegera mungkin.

“ISIS mengancam akan membunuh siapapun yang tidak mematuhi perintah itu,” ujar sumber tersebut.

Di provinsi Salahuddin, puluhan anggota ISIS juga menemui ajalnya ketika kawanan teroris itu berusaha menyerang kilang minyak Baiji.

Sumber keamanan Irak menyatakan kawanan bersenjata ISIS yang datang membawa beberapa kendaraan militer dan melibatkan beberapa pelaku bom bunuh diri mencoba melancarkan serangan lagi ke komplek kilang minyak Baiji yang berjarak sekitar 200 kilometer dari Baghdad itu, namun dihadang oleh pasukan keamanan Irak hingga terjadi kontak senjata sekian lama yang menewaskan 37 petempur ISIS.

“Kontak senjata terjadi sekitar komplek kilang minyak sejak malam kemarin (Sabtu) dan berlanjut hingga Ahad sore. Pasukan Irak berhasil memberikan pukulan telak dan membunuh 37 anggota ISIS,” kata sumber tersebut.

Menurutnya, satu di antara petempur ISIS yang tewas adalah komandan ISIS yang bernama Huran Sharif al-Jawari.

Masih di provinsi Salahuddin, tanpa menyebutkan jumlah, seorang narasumber dari Komando Operasi Salahudin mengatakan beberapa anggota ISIS tewas dan dua kendaraan mereka hancur diserang pasukan Irak di sebuah area di selatan kota Tikrit.

“Helikopter militer telah menggempur dua kendaraan ISIS di dekat bangunan metreologi di selatan kota Tikrit, menewaskan semua orang yang ada di dalamnya,” tuturnya.

Perdana Menteri Petahana Irak Nouri Maliki menyatakan Irak sudah berhasil meraih banyak kemajuan dalam mengendalikan bahaya ISIS.

“Boleh dikata sekarang kami sudah menang setelah kami mengalami peralihan secara menta dan meraih banyak keberhasilan,” katanya diPangkalan COB Speicher di bagian utara provinsi Salahudin.

Dia menegaskan jangan sampai ada celah lagi bagi ISIS, termasuk di pangkalan COB Speicher. Dia juga memastikan bahwa mental kawanan teroris takfiri sudah jatuh di Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL