Fresh clashes leave 60 militants killed in AleppoDamakus, LiputanIslam.com – Sedikitnya 80 militan pemberontak Suriah, terutama dari kubu Front al-Nusra, tewas dalam pertempuran sengit dengan tentara Suriah di wilayah sekitar Damaskus. Jaringan berita televisi al-Alam, Minggu (6/4) melaporkan dari Damaskus bahwa tentara Suriah berhasil meraih kemajuan besar dalam upayanya menumpas militan al-Nusra di kawasan dekat Damaskus, terutama di wilayah al-Malihe di mana sekitar 60 militan kelompok cabang al-Qaidah ini tewas digempur tentara Suriah.

Sumber-sumber militer Suriah menyebutkan, sebanyak tiga mesin perang yang digunakan gerilyawan al-Nusra berhasil dihancurkan ketika mereka menebar sedikitnya 17 bom di jalan yang dilintasi tentara Suriah. Militer Suriah memastikan pihaknya akan berhasil menyapu bersih wilayah al-Malihe dari keberadaan militan al-Nusra dalam dua hari ke depan.

Al-Alam juga menyebutkan bahwa 20 militan lain juga bergelimpangan tanpa nyawa terkena serangan sengit pasukan Suriah di kawasan al-Joze, selatan Damaskus, yang menjadi basis militan.

Keberhasilan tentara Suriah ini terjadi menyusul serangan peluru mortir militan terhadap Gedung Kesenian Damaskus yang telah menjatuhkan dua korban tewas dan beberapa korban luka dari kalangan sipil.

Di bagian lain, tentara Suriah mengepung milisi al-Nusra di sebuah lokasi strategis di Aleppo. Seorang anggota al-Nusra dalam pesannya di Twitter menyebutkan bahwa pemimpin Front al-Nusra,  Abu Mohamed al-Golani, terjebak di lokasi tersebut. Dia menduga al-Golani berada di stasiun pembangkit listrik thermal Aleppo bersama satu petinggi al-Nusra lain bernama Abu Maria al-Ansari.

Golani sendiri adalah sosok misterius yang tidak diketahui nama aslinya. Golani adalah samaran yang mengacu pada tempat kelahirannya di wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.  Di bawah pimpinan Golani, Front al-Nusra menjelma menjadi salah satu kelompok ekstrimis  terkuat di Suriah. Anggotanya tersebar di Suriah dan diperkirakan berjumlah 6,000 sampai 7,000 orang.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL