Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak menyatakan dapat menangani serangan kelompok teroris ISIS di kota lama Mosul dan berhasil membebaskan 75% wilayah ini dan kawasan al-Yabisat dari cengkramanan ISIS.

Sumber anonim mengatakan bahwa meskipun pergerakan pasukan Irak dalam 10 hari  terakhir ini berjalan lambat, namun mereka terus maju dari gang ke gang di bagian tengah Mosul.

Wakil komandan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Mohandis memastikan semua jalur perhubungan ISIS dari Mosul ke perbatasan Irak-Suriah sudah dan tetap terputus, dan pasukan al-Hashd al-Shaabi pada tahap ini menjalankan operasi dengan menggunakan senjata-senjata mutakhir.

Di menambahkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini al-Hashd al-Shaabi bukan hanya melancarkan operasi militer, melainkan juga berperan menyalurkan bantuan kepada para pengungsi dan membantu pasukan Irak di bidang logistik, kesehatan dan teknis.

Mengenai bantuan untuk para pengungsi Mosul yang diserukan ulama besar Syiah Irak Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani, al-Mohandis menjelaskan bahwa bantuan sebanyak 1900 truk dan trailer sudah menjangkau berbagai kawasan utara Irak, termasuk Mosul barat.

Thamir Abu Turab al-Husaini, seorang komandan pasukan reaksi cepat Irak mengapresiasi serauan Ayatullah al-Sistani yang telah membuat segenap rakyat Irak tergerak untuk memberikan bantuan lebih maksimal kepada penduduk Mosul. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL