Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak, Ahad sore (9/4/2017), berhasil membebaskan satu lagi kawasan di Mosul barat, dan demikian maka sebanyak 75% bagian barat kota di Irak utara ini telah bebas dari pendudukan kelompok teroris ISIS.

Masjid al-Nuri dan menara kuno al-Hadba telah dikepung total oleh pasukan Irak, sementara jet tempur Irak berhasil menghabisi 14 pasukan bom bunuh diri ISIS di provinsi Anbar.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Nineveh menjelaskan bahwa dewasa ini 75% Mosul barat telah bebas, sementara Masjid al-Nuri, masjid terkenal yang dipakai oleh gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi mendeklarasikan “kekhalifahan” ISIS pada 2014 serta menomen sejarah Menara al-Hadba telah dikepung secara total oleh pasukan Irak.

Menurutnya, operasi militer Irak untuk pembebasan Mosul berjalan sesuai rencana, tapi dia mengakui mengalami keterlambatan masuk ke bagian kota lama Mosul karena demi “menjaga keselamatan jiwa warga sipil.”

Dia merinci bahwa ISIS dewasa ini masih menduduki beberapa kawasan di sana, termasuk al-Zanjali, Bab al-Jadid, area rumah sakit, dan sejumlah kawasan pinggiran Mosul barat.

Menurut pengumuman kepala bidang perang Irak, al-Matahin adalah kawasan terbaru yang berhasil dibebaskan pasukan Irak, Minggu.

Bersamaan dengan ini, beberapa jet tempur Irak menggempur kota kecil al-Qaim  di wilayah perbatasan provinsi Anbar hingga menghancurkan sebuah bengkel pembuatan bom mobil dan menewaskan 14 teroris ISIS pembawa misi serangan bom bunuh diri. (mm/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL