Turkey-Syria-ConflictAnkara, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Ahmet Davutoglu mengumumkan data terbaru yang menyebutkan sebanyak 74 penduduk Turki tewas akibat kekerasan terkait konflik yang sudah berlangsung lebih dari tiga tahun di negara jirannya, Suriah. Hal ini dia umumkan setelah dia menerima data itu dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Turki.

“Menurut data dari Staf Umum Turki, sebanyak 74 penduduk terbunuh dan 337 penduduk lainnya cidera akibat peluru nyasar dalam pertempuran di wilayah Suriah serta berbagai insiden teror terkait Suriah dan penyeberangan perbatasan secara ilegal,” ungkap Menlu Turki, Rabu (7/5/2014).

Davutoglu menyatakan penduduk Turki yang tinggal di sepanjang perbatasan negara ini dengan Suriah sangat terusik oleh kekerasan yang terjadi di Suriah.

Pernyataan ini dia kemukakan sekaligus sebagai tanggapan atas pertanyaan yang dilontarkan oleh Sezgin Tanrikulu, Wakil Ketua Partai Rekyat Republikan (CHP) yang merupakan partai oposisi terbesar.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Turki sudah menempuh langkah-langkah tertentu untuk menjamin keamanan jiwa dan harta benda penduduk di wilayah perbatasan Turki-Suriah. Pemerintah antara lain membangun dinding beton portabel di wilayah selatan provinsi Hatay untuk mencegah penyeberangan perbatasan secara ilegal dan aksi penyelundupan.

Selain itu, Menlu Turki juga menyebutkan bahwa akibat eskalasi ancaman kekerasan di wilayah perbatasan Suriah, otoritas Turki telah menambah jumlah petugas keamanan perbatasan serta mengirim senjata dan peralatan tambahan seperti kendaraan lapis baja, sistem penginderaan di malam hari dan kamera termal.

Dia juga memastikan bahwa pemerintah Turki masih akan terus melakukan segala upaya untuk mengamankan wilayah perbatasan tersebut. “Negara kita akan terus melanjutkan langkah apapun demi melindungi perbatasannya yang diakui oleh perjanjian-perjanjian internasional,” pungkas dia. (mm/presstv/todayszaman)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL